38 Balon Udara Liar Diamankan Polres Pekalongan Saat Syawalan 2024, Paling Banyak di Karangdadap

38 Balon Udara Liar Diamankan Polres Pekalongan Saat Syawalan 2024, Paling Banyak di Karangdadap

Polres Pekalongan amankan 38 balon udara liar saat syawalan 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Saat Syawalan 2024, Polres Pekalongan berhasil mengamankan 38 balon udara liar dengan berbagai ukuran. Beberapa di antara balon udara itu dilengkapi petasan berukuran besar.

Selama syawalan 2024, Polres Pekalongan melaksanakan patroli subuh dalam rangka mengantisipasi penerbangan balon udara liar. Hasilnya, sebanyak 38 balon udara berhasil diamankan dari beberapa wilayah di Kabupaten Pekalongan, Rabu, 17 April 2024.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, dalam konferensi pers, Jumat, 19 April 2024, menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada saat syawalan yang jatuh pada hari Rabu, 17 April 2024, Polres Pekalongan beserta dengan Polsek jajaran melaksanakan patroli subuh untuk mengantisipasi penerbangan balon udara liar dan petasan.

"Dari kegiatan patroli subuh itu, didapatkan hasil sebanyak 38 balon udara liar berbagai ukuran, dan ada 11 petasan yang berhasil kita amankan,” ujarnya. 

Baca juga:Polres Pekalongan Amankan Balon Udara Berukuran Besar di Tengah Perkampungan saat Syawalan 2024

Dari beberapa balon udara ini, secara kasat mata ada perbedaan. Dimana yang masih terlihat bersih dan putih itu berarti belum sempat diterbangkan. Sedangkan yang sudah agak terlihat kehitaman berarti sudah sempat dilakukan pembakaran untuk diterbangkan. 

"Tapi balon udara itu belum sempat terbang, yang kemudian berhasil kita amankan," ungkap AKBP Wahyu Rohadi.

Kapolres Pekalongan menyampaikan, daerah yang paling banyak balon udara adalah Karangdadap, selanjutnya Kedungwuni, Bojong dan Wiradesa.

“Ada 20 balon udara dan 5 petasan yang berhasil diamankan di daerah Karangdadap," kata dia.

Di Kedungwuni, lanjut Kapolres Pekalongan, ada 13 balon udara dan 6 petasan. Untuk di Bojong ada 3 balon udara. Selanjutnya di Wiradesa ada 2 balon udara yang berhasil diamankan,” kata dia.

Baca lagi:Polres Pekalongan Gagalkan Aksi Menerbangkan Balon Udara Secara Liar saat Syawalan 2024

AKBP Wahyu Rohadi menambahkan, dari 38 balon udara yang berhasil diamankan, terdapat 1 satu buah balon udara yang diameternya berukuran 10 meter. "Ukuran diameter kurang dari 10 meter ada 13 dan ukuran dibawah 8 meter ada 24 buah balon udara," paparnya.

Dalam patroli itu, pihaknya juga mengamankan alat-alat yang digunakan sebagai penunjang penerbangan balon udara. 

"Hanya balon udara dan alat-alat yang kami amankan, karena ketika warga melihat kedatangan polisi, mereka pergi semua, dan hanya balon udara serta alat yang ditinggalkan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: