Cerita Rakyat Pekalongan: Sejarah Penamaan Desa Sawangan, Kecamatan Doro

Cerita Rakyat Pekalongan: Sejarah Penamaan Desa Sawangan, Kecamatan Doro

Sejarah Desa Sawangan, Kecamatan Doro-Aghistna Muhammad-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Inilah sejarah penamaan Desa Sawangan, Kecamatan Doro yang diceritakan secara turun-temurun.

Desa Sawangan terletak di Kecamatan Doro yang memiliki udara cukup sejuk.

Dahulu sebelum diberi nama Desa Sawangan, daerah ini memiliki 2 desa yang saling bertetangga, yakni Desa Kalijati dan Desa Kalimuru.

Desa Kalijati dipimpin oleh Raden Wirangan dan istrinya bernama Kanjeng Sariayu, keduanya dikenal sangat ramah dan baik hati pada siapapun.

BACA JUGA:Jejak Peradaban Hindu-Buddha di Rogoselo, Berikut 2 Arca Unik yang Ditemukan di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro

Sikap pemimpinnya itu pula yang ditiru oleh para penduduk Desa Kalijati, mereka sangat ramah pada tetangga maupun penduduk desa lain.

Sedangkan Desa Kalimuru sangat berbanding terbalik dengan keadaan di Desa Kalijati.

Desa Kalimuru dipimpin oleh Raden Candra dan istrinya yang bernama Kanjeng Laraswati yang terkenal sombong dan suka berfoya-foya.

Penduduk Desa Kalimuru pun demikian, mereka hanya ramah pada sesama penduduk Desa Kalimuru saja, dengan penduduk desa lain mereka sangat angkuh.

BACA JUGA:Menjelajahi Desa Tua di Kabupaten Pekalongan, Inilah 4 Situs Arkeologi di Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro

BACA JUGA:Diambil dari Nama 2 Ulama Cirebon, Begini Asal-usul Penamaan Desa Pekiringan dan Desa Kajongan Kecamatan Kajen

Dari hubungan 2 desa ini lah yang akan menjadi awal mula sejarah penamaan Desa Sawangan, Kecamatan Doro. Berikut kisahnya.

Kunjungan Raden Wirangan ke Kalimuru

Cerita rakyat tentang sejarah penamaan Desa Sawangan, Kecamatan Doro ini diambil dari buku "Mendongeng Pekalongan" yang disusun oleh Taufik Hidayat dan Akar Atya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: