Ciptakan Peluang Usaha, Puluhan Warga di Kota Pekalongan Ikuti Pelatihan Membuat Craft dan Kuliner

Ciptakan Peluang Usaha, Puluhan Warga di Kota Pekalongan Ikuti Pelatihan Membuat Craft dan Kuliner

Pelatihan- Pelatihan kepada puluhan warga di kelurahan Pasirkratonkramat, Kota Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

Radarpekalongan.co.id - Upaya dalam rangka menciptakan peluang usaha baru, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) menggelar pelatihan kerja kewirausahaan secara gratis kepada puluhan warga di Kelurahan Pasirkratonkramat (PKK), Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Kamis (11/7/2024).

BACA JUGA:Tim KKN Unikal Sosialisasikan Pemanfataan Tanaman Obat ke Ibu-Ibu Desa Bukur

Para warga di kelurahan tersebut antusias mengikuti pelatihan membuat kerajinan (craft) hingga kuliner (roti, kue, dan boga).

BACA JUGA:Nyamuk Demam Berdarah Kian Resisten Terhadap Pestisida, Fogging Harus Terkontrol

Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin yang turut hadir membuka pelatihan, mengapresiasi atas langkah Dinperinaker yang telah membantu pemerintah untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Pekalongan dengan berbagai jenis pelatihan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

BACA JUGA:Buruh-Pengusaha Ada Titik Temu, Tenda Keprihatinan PT Dupantex Dihentikan

Menurutnya, kedua jenis pelatihan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang mayoritas perempuan baik remaja putri maupun ibu-ibu rumah tangga.

"Alhamdulillah di Kelurahan PKK ini, banyak anak-anak muda yang berminat mengikuti pelatihan craft dan tata boga yang diadakan oleh Dinperinaker setempat melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2024 yang menyasar 27 kelurahan di Kota Pekalongan,"ujar dia.

BACA JUGA:5 Desa di Batang dengan Pemandangan Memesona yang Wajib dan Menarik Untuk Dikunjungi Saat Liburan

Diharapkan, dengan keterampilan yang mereka dapatkan selama mengikuti pelatihan gratis ini, para peserta dapat menekuni bidang yang disenanginya. Kemudian, mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta dapat menjadi peluang bisnis baru bagi mereka untuk mendapatkan tambahan penghasilan bagi keluarganya.

BACA JUGA:Tim Godok Pembahasan Lahan Tanah Musnah Untuk Penanganan Banjir Rob Wilayah Tirto

"Berharap dengan semakin banyaknya UMKM yang tumbuh dan maju di Kota Pekalongan ini.  bisa memberi peluang menciptakan lapangan pekerjaan baru di lingkungan sekitarnya. Sehingga, berdampak positif terhadap penurunan angka pengangguran terbuka, kemiskinan, serta angka stunting. Upaya ini diharapkan bisa berjalan secara komprehensif dan berkelanjutan,"tandasnya.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Bawaslu Kabupaten Pekalongan Gandeng PWI

Sementara itu, Sekretaris Dinperinaker setempat, Ninik Kurniasih menjelaskan,  Dinperinaker Kota Pekalongan memfasilitasi pelatihan keterampilan kepada warga di 27 kelurahan yang ada di Kota Pekalongan secara bergantian, mulai 1 Juli-27 Agustus 2024. Pelatihan ini dilakukan secara singkat selama 2 hari, dengan berbagai jenis pelatihan yang berbeda-beda, mulai dari pelatihan tata boga, craft hingga Kemasan produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: