Pasar Krempyeng, Cara Petani Batang Berharap Ada Bupati Pro Petani

Pasar Krempyeng, Cara Petani Batang Berharap Ada Bupati Pro Petani

Fauzi Fallas yang hadir pada acara Pasar Krempyeng bersama ratusan petani menyatakan bahwa dirinya siap memperjuangkan nasib para petani di Kabupaten Batang.-istimewa -

BATANG – Sekitar 500 petani dari sejumlah desa di Kabupaten Batang berkumpul di pendopo Omah Tani, Dukuh Cepoko, Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Rabu 18 September 2024.

Ratusan petani yang mayoritas perempuan tersebut berhimpun dalam wadah Omah Tani, dan sebagian yang lain adalah dari Perempuan Nahdliyin Bersatu itu menggelar acara bertajuk “Pasar Krempyeng Nahdliyin Peduli Tani”. 

Di pendopo, para peserta yang datang duduk berjubel, lesehan. Di sebelahnya, ratusan bungkus plastik berisi  sayur-mayur seperti lombok, kul, wortel, tomat, buncis, kentang, jipang dan sebagainya, tertata rapi sebagai buah tangan usai acara. 

Sebelum acara diawali, tampak seorang penari jawa menarikan tarian tradisional. Selain itu, berbagai lagu perjuangan juga dinyanyikan hadirin bersama-sama. 

BACA JUGA:Coret Ratusan Pemilih TMS, KPU Batang Tetapkan 620.695 Pemilih Masuk DPT Pilkada 2024

BACA JUGA:Ikut Deklarasi Paslon, Dua Oknum Kades Dilaporkan ke Bawaslu Batang

Ketua Omah Tani, Tahroni mengungkapkan, melalui acara Pasar Krempyeng tersebut, para petani yang juga warga nahdliyin, menggelar doa bersama, agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Batang berjalan lancar dan damai. 

"Kami juga mendoakan saudara kami sesame nahdliyin, dan sesama putra daerah, yakni Haji Fauzi Fallas semoga terpilih sebagai bupati,” kata Tahroni.

Semoga, lanjut Tahroni, melalui acara Pasar Krempyeng, Haji Fallas mendengar aspirasi dan keresahan petani selama ini. Salah satu problem yang dihadapi petani adalah, harga sayur mayur sangat murah. 

"Harga jual hasil sayur mayur tersebut seringkali tak sebanding dengan ongkos petiknya," ungkap Tahroni.

Perwakilan dari Perempuan Nahdliyin Bersatu, Muadhiroh mengatakan, untuk menolong para petani sayur, dan juga guna kepentingan acara Pasar Krempyeng, panitia sengaja membeli aneka sayuran langsung ke petani. 

Tujuannya agar mereka merasakaan keuntungan dari panen sayur, karena dibeli dengan harga yang pantas.

"Sayuran yang kami beli tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat yang hadir pada acara Pasar Krempyeng ini. Kegiatan ini merupakan bentuk kecil kepedualian kami agar petani tidak terus menderita,” terang Muadhiroh.

Pihaknya berharap jika terpilih sebagai Bupati Batang nanti, Fauzi Falla akan sensitif dengan nasib para petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: