Dispermades Batang Gandeng FH Unnes Semarang Rintis Pembentukan BUMDESMA di Tiga Desa Kecamatan Wonotunggal

Dispermades Batang Gandeng FH Unnes Semarang Rintis Pembentukan BUMDESMA di Tiga Desa Kecamatan Wonotunggal

Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang memiliki program untuk mengoptimalkan potensi-potensi wisata yang ada di ketiga desa tersebut dengan strategi pembentukan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA).-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

Disamping itu, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan aparat desa guna  mendukung program dari pemerintah Kabupaten Batang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa berbasis wisata. 

BACA JUGA:Bupati Berikan Jawaban atas Pandangan Umum DPRD Kabupaten Pekalongan tentang Raperda RPJPD dan BUMDes

"Kami berharap kegiatan ini didukung pemda, melalui dinas terkait dengan memberikan bantuan penuh pada potensi wisata yang ada di Kecamatan Wonotunggal. Di akhir program ini kami berharap adanya perlindungan dan dukungan dari pemda dengan terbitnya peraturan bupati sebagai payung hukum dalam pengembangan desa wisata di di kecamatan Wonotunggal," harap Pujiono. 

Kepala Desa Silurah, Suroto menyebutkan desanya sangat tepat sebagai kawasan untuk rekreasi yang telah didukung adanya beberapa homestay yang siap dikembangkan menjadi pendukung paket wisata.

"Disamping itu, Desa Silurah  memiliki kuliner khas yang dapat menjadi pendukung kegiatan wisata seperti Gones, the sangan, kopi, nasi Jagung sambel dan sebagainya. Sehingga kami juga berharap lewat program kerja sama ini bisa mendukung pengembangan wisata di Desa Silurah," jelasnya. (Nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: