Tunggu, Desa Pedagung Bakal Kembangkan Wisata Alam

Tunggu, Desa Pedagung Bakal Kembangkan Wisata Alam

PANINGGARAN - Kondisi alam yang asri dengan hamparan hutan pinus hingga hijaunya persawahan berpadu dengan aliran sungai yang jernih dinilai menjadi berkah tersendiri bagi Desa Pedagung, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Karena itu, untuk memberdayakan potensi tersebut, Pemerintah Desa Pedagung berencana mengembangkan wisata alam.

Bagi penikmat wisata alam, kondisi Desa Pedagung ibarat miniatur bentang alam nan indah. Siapapun yang memasuki desa ini akan disuguhi dengan dengan panorama alam nan eksotis. Hamparan hutan dan perbukitan menyita perhatian mata dengan dengan kehijauan alami dan udara yang tentunya sejuk dan menyehatkan.

"Ke depan akan kita kembangkan potensi alam Desa Pedagung ini menjadi obyek wisata. Saat ini masih kita rancang konsepnya," ungkap Kepala Desa Pedagung, Warning kepada Radar, baru-baru ini.

Pihaknya akan membahas secara serius rencana ini dengan mengundang pakar desa wisata. Sebab pemerintah dan masyarakat Desa Pedagung juga ingin belajar serius bagaimana mengelola dan mengoptimalkan potensi wisata desa agar bisa berkembang dan ramai dikunjungi, sehingga akan membuka simpul ekonomi baru bagi masyarakat.

"Tidak hanya soal potensi alam saja, kesempatan ini juga kami gunakan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, terutama para pemuda. Kami ingin tumbuh bersama menjadi desa yang berdaya. Justru ini sebagai wujud syukur kami kepada Allah yang telah menganugerahi Desa Pedagung dengan potensi alam yang kaya," terang Warning.

Hal senada diungkapkan anggota BPD Desa Pedagung, Hardi. Menurut dia, dari sisi potensi, Desa Pedagung selama ini memang dikenal lekat dengan aspek pertanian dan alam, sehingga jika dikelola dengan baik diharapkan akan meningkatkan perekonomian warga.

Dikatakan hardi, pengelolaan atau manajemen yang baik dan benar menjadi kunci bagi kemajuan suatu desa wisata. "Tentu saja dibutuhkan pula komitmen dan kemauan kuat dari masyarakat dan seluruh stakeholder desa demi terwujudnya desa wisata yang benar-benar baik dan menarik, sehingga mampu menjadi andalan bagi peningkatan kesejahteraan warga," katanya.

Dengan adanya komitmen kuat tersebut, pihaknya optimis mampu membawa Pedagung menjadi desa wisata unggulan di Kabupaten Pekalongan sebagai destinasi wisata pertanian dan alam. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: