Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Dipakai? Begini Penjelasanya

Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Dipakai? Begini Penjelasanya

Apakah motor injeksi masih perlu dipanaskan sebelum dipakai?

Kalau kalian pakai motor sudah cukup lama, terutama sejak era motor karburator umumnya kalian akan diingatkan untuk memanaskan motor sebelum dipakai jalan.

Nah, apakah motor injeksi yang lebih canggih masih perlu dipanaskan dengan cara menyalakan mesinnya sebelum dipakai?

Seperti diungkapkan oleh Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, sah-sah saja motor injeksi dipanaskan sebelum dipakai.

"Memanaskan motor injeksi ini sebetulnya kebiasaan baik, tujuannya agar oli di dalam mesin bisa bersirkulasi sebelum motor dipakai jalan," ucap Pak Endro sapaan akrabnya, seperti dilansir gridoto.com.

"Tapi ya tidak perlu lama-lama, satu menit saja cukup," terangnya lagi.

Selain itu saat memanaskan mesin biarkan saja motor dalam kondisi langsam atau idle, tak perlu digeber-geber.

Apalagi kalau kondisi motor agak jarang dipakai, memanaskan motor berfungsi agar baterai atau aki ada pengisian," jelasnya.

"Tapi yang terpenting adalah memanaskan motor harus di luar ruangan, jangan di dalam rumah atau garasi yang tertutup," wantinya.

"Soalnya knalpot itu pasti menghasilkan gas karbon monoksida, seandainya terhirup dalam jumlah banyak bisa keracunan," tutupnya.

Nah, jadi kalau kalian masih punya kebiasaan memanaskan motor lanjutkan saja toh masih cukup bermanfaat untuk motor kalian.

Tapi jangan terlalu lama, cukup 1-2 menit saja sebelum digunakan Sob! (gridoto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: