Penyaluran BLT Desa Wonopringgo Diklaim Sudah Tepat Sasaran

Penyaluran BLT Desa Wonopringgo Diklaim Sudah Tepat Sasaran

SALURKAN- Penyaluran BLT desa wonopringgo di GSG Pringgodani Desa Wonopringgo.

WONOPRINGGO - Pemerintah Desa Wonopringgo, Kecamatan Wonopringgo, Kabuaten Pekalongan telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap 1. BLT tersebut diserahkan langsung kepada 62 KK penerima bantuan di Gedung Serba Guna (GSG) Pringgodani Desa Wonopringgo.

Proses penyaluran sendiri diawasi langsung pihak Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD hingga Camat Wonopringgopun turut hadir dalam penyaluran BLT. Bahkan untuk menjunjung tinggi transparansi, pihak Desa
Wonopinggo telah membuat dokumentasi penyaluran bantuan melalui media sosial desa.

Slamet Haryanto selaku Kepala Desa Wonopringgo menerangkan bahwa penyaluran BLT Dana Desa ini sengaja disalurkan pada bagian akhir karena untuk mencegah tumpang tindih data, sehingga penyalurannya dijamin tetap sasaran.

"Kita dengan lembaga sudah mensosialisasikan, bahwa BLT Desa akan
kita kasihkan pada bagian akhir. Kenapa bagian akhir, karena BLT DD ini tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan yang ada. Kalau
sampai terjadi tumpang tindih, harus dikembalikan," ungkapnya, Senin (15/6/2020).

Seperti diketahui, bantuan Covid-19 sendiri tidak hanya bersumber dari Dana Desa (DD) saja, melainkan Pemkab, Provinsi hingga pusat ada. Tak jarang bantuan pun datang dari swasta sehingga diharap bantuan akhir dari desa ini mampu mencakup keseluruhan bantuan bagi warga yang terdampak Covid-19 secara menyeluruh.

Meski demikian, pihaknya tetap membuka kesempatan kepada warga yang merasa tidak puas dengan bantuan tersebut untuk segera melapor kepada aparat desa agar dilakukan pendataan dan mencari solusi terbaiknya.

"Saya berharap untuk kebelakang apabila ada sesuatu yang merasa tidak puas, laporkan ke kami, karena memang kita ada aturan. Karena
terkait dengan covid-19, itu banyak bantuan yang masuk," jelas Slamet.

Penyaluran BLT Desa Wonopringgo berjalan dengan tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Warga yang datang diwajibkan memakai masker, bahkan social distancing wajib diterapkan disana.

Salah satu warga yang menerima bantuan menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya kepada pemerintah karena betul-betul memerhatikan penderitaan rakyat sebagai akibat dari dampak covid-19 ini.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Lurah Wonopringgo yang sudah memberikan bantuan sebesar 600 ribu ini. Dan ini akan saya pergunakan untuk kebutahan sehari-hari selama pademi corona," tuturnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: