Jalan Petungkon-Sidomulyo Rusak, Pelajar Buat Surat Terbuka untuk Bupati Pekalongan di Medsos

 Jalan Petungkon-Sidomulyo Rusak, Pelajar Buat Surat Terbuka untuk Bupati Pekalongan di Medsos

TINJAU - Sekda M Yulian Akbar, Kepala DPU Taru Mudiarso, dan Kepala Dindikbud Kholid tinjau langsung kondisi ruas jalan Petungkon-Sidomulyo yang rusak, kemarin.-Hadi Waluyo-

LEBAKBARANG - Ruas jalan Petungkon - Sidomulyo di Kecamatan LEBAKBARANG, Kabupaten Pekalongan, sepanjang 6,5 Km rusak parah. Warga terutama para pelajar berharap ruas jalan di pegunungan ini diperbaiki, agar aman dan nyaman dilalui.  

 

Keinginan itu dituangkan oleh pelajar di daerah atas itu dengan membuat konten video yang diupload di media sosial. Video berisi rekaman seorang pelajar membaca surat terbuka untuk Bupati Pekalongan Fadia Arafiq viral di media sosial, Selasa (14/2/2023). Bukan surat cinta di Hari Valentine. Namun pelajar perempuan berseragam SMP ini meminta Bupati Pekalongan Fadia Arafiq memperbaiki jalan rusak di ruas Petungkon - Sidomulyo di Kecamatan Lebakbarang. Pasalnya, ruas jalan itu rusak parah, sehingga membahayakan pelajar yang melintasinya untuk menuju ke sekolahan.

 

Mensikapi video viral tersebut, Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar didampingi Kepala DPU dan Taru Kabupaten Pekalongan Mudiarso, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Kholid dan Kabid Sarpras Dindikbud Ismail langsung meninjau lokasi jalan rusak di ruas Petungkon - Sidomulyo di Kecamatan Lebakbarang, Selasa (14/2/2023). Sekda M Yulian Akbar dan instansi terkait langsung blusukan ke daerah pegunungan tersebut untuk melihat secara langsung kondisi jalan rusak yang dikeluhkan oleh pelajar dalam video itu.

 

"Terkait video viral, itu anak SMP. Ya saya terima kasih, pemerintah berterima kasih atas kritik, dari adik kita SMP itu. Kita pemerintah quick respon, kita hadir  sampai sini. Ya sekali lagi saya terima kasih atas masukan dan kritiknya pemerintah menghargai, disampaikan dengan caranya melalui sosmed. Itu anak SMP, saya lupa namanya," kata Sekda M Yulian Akbar.

 

Dikatakan, ruas jalan rusak yang dikeluhkan pelajar tersebut merupakan jalan kabupaten. Jalan yang menghubungkan Kecamatan Lebakbarang dengan Kecamatan Paninggaran.

"Kita hari ini langsung naik melakukan croscek bersama DPU, dan Dinas Pendidikan juga. Kita juga naik ke dua dusun. Di Dukuh Petungkon dan Dukuh Pomahan, Desa Tambelanggunung, yang terdapat 50 pelajar SMP dan SMK. Mereka selalu melintasi jalan rusak kalau ke sekolah dan pulang sekolah," terang Sekda.

 

Untuk jangka pendek, lanjut Sekda, pemkab akan melakukan perbaikan di beberapa titik spot yang rusak dan terkena longsor di jalan kabupaten itu. "Tadi bersama DPU siap akan memperbaiki jalan untuk jangka pendeknya di tahun 2023 ini ya. Jangka menengah kita akan memperbaiki keseluruhan ruas jalan Lebakbarang - Paninggaran, kita masukan ke perubahan anggaran di tahun 2024," katanya.

 

Sementara itu, Kepala DPU dan Taru Kabupaten Pekalongan Mudiarso, mengakui kondisi jalan Petungkon - Sidomulyo memang rusak. Kerusakan itu dimungkinkan juga ada pengaruh dari penebangan pohon pinus, karena jalan itu untuk mobilisasi hasil tebangan. Kerusakan jalan bisa juga karena longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: