Geger Syahnaz dan Rendy Kjaernett Diduga Selingkuh, Ini 5 Penyebab Selingkuh dalam Pandangan Agama Islam

Geger Syahnaz dan Rendy Kjaernett Diduga Selingkuh, Ini 5 Penyebab Selingkuh dalam Pandangan Agama Islam

Ilustrasi perselingkuhan-Tangkapan layar freepik.com-

Diriwayatkan pula dalam hadits yang shahih:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَأَلْتُ أَوْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الذَّنْبِ عِنْدَ اللَّهِ أَكْبَرُ قَالَ أَنْ تَجْعَلَ لِلَّهِ نِدًّا وَهُوَ خَلَقَكَ قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ ثُمَّ أَنْ تَقْتُلَ وَلَدَكَ خَشْيَةَ أَنْ يَطْعَمَ مَعَكَ قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ أَنْ تُزَانِيَ بِحَلِيلَةِ جَارِكَ قَالَ وَنَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ تَصْدِيقًا لِقَوْلِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ {وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ}

Dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu, dia berkata: Aku bertanya, atau Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam ditanya, ‘Dosa apakah yang paling besar di sisi Allah?’ Beliau Shallallahu alaihi wa salam menjawab, “Engkau menjadikan tandingan bagi Allah, sedangkan Dia telah menciptakanmu (tanpa sekutu).” Aku bertanya, “Lalu apa?” Beliau Shallallahu alaihi wa salam menjawab, “Engkau membunuh anakmu karena engkau takut dia makan bersamamu.” Aku bertanya, “Lalu apa?” Beliau Shallallahu alaihi wa salam menjawab, “Engkau berzina dengan istri tetanggamu.” (HR. Bukhari, no. 4483).

Allah Ta'ala juga berfirman:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al Isra/17:32).

Baca lagi:Kiat Membina Rumah Tangga Harmonis ala Rasulullah, Jaga Penampilan Ndak Awut-awutan hingga Bahagiakan Istri

Faktor Utama Penyebab Selingkuh

Dari berbagai kasus perselingkuhan yang kerap terjadi di tengah masyarakat, penyebab utama selingkuh dalam pandangan agama Islam adalah sebagai berikut:

1. Jauh dari agama

Orang yang tidak paham agama, peluang untuk berselingkuh akan lebih besar. Pasalnya, ilmu agama akan lebih membentengi dan mengantarkan pada kebaikan. Dengan ilmu akan selalu menjaga seseorang dari maksiat dan seseorang akan selalu merasa diawasi oleh Allah Ta'ala, sehingga munculah rasa takut. 

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28).

Dengan ilmu, seseorang akan mudah meraih kebaikan, termasuk selamat dari zina. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: