Yuk Rutinkan Puasa Senin dan Kamis, Ustadz Khalid Basalamah Sebut Keutamaan Puasa di 2 Hari Ini

Yuk Rutinkan Puasa Senin dan Kamis, Ustadz Khalid Basalamah Sebut Keutamaan Puasa di 2 Hari Ini

Ustadz Khalid Basalamah-Tangkapan layar kanal Youtube-

"Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa."

3. Dari Aisyah, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

"Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis."

Baca lagi:Yuk Sempatkan Diri Banyak Berdoa di Hari Jumat, Satu Keutamaan Hari Jumat Ada Waktu Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan Orang Berpuasa

Keutamaan berpuasa di antaranya, amalan puasa pahalanya tak terhingga, karena Allah Ta'ala sendiri yang akan membalasnya. Puasa merupakan amalan khusus untuk Allah Ta'ala. Dan dengan puasa, seseorang bisa masuk surga. Bahkan, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah Ta'ala lebih harum daripada bau minyak kasturi.

Hadist tentang keutamaan puasa yakni dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi"." (HR. Muslim no. 1151)

Dalam riwayat Ahmad dikatakan,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ الْعَمَلِ كَفَّارَةٌ إِلاَّ الصَّوْمَ وَالصَّوْمُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ

"Allah Ta'ala berfirman, "Setiap amalan adalah sebagai kafaroh/tebusan kecuali amalan puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya"." (HR. Ahmad)

Agar ibadah puasa diterima di sisi Allah Ta'ala, dua syaratnya harus terpenuhi, yaitu ikhlas karena Allah Ta'ala dan mengikuti tuntunan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. 

Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: