Bantuan Kemensos Senilai Rp 661 Juta Disalurkan, Berikut Ini Rinciannya

Bantuan Kemensos Senilai Rp 661 Juta Disalurkan, Berikut Ini Rinciannya

SALURKAN - Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan menyalurkan bantuan dari Kementrian Sosial secara simblolis di Kecamatan Wiradesa. -Triyono-

KAJEN - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pekalongan, Selasa (27/06/2023), menyalurkan bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) sebesar Rp. 661.500.500 di Kantor Kecamatan Wiradesa. 

Bantuan Kementrian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung diberikan berupa,  Sembako lansia 229 paket, Sembako disabilitas 209. Modal usaha lansia 30,Modal usaha disabilitas 30, TPA 1 (Tongkat Penuntut Adaptif), Kursi roda anak 5, Kursi roda standart 50. Kemudian Kruk 5, Tripod 45, Walker 26, ABD (Alat Bantu Dengar) 20.

Adapun penyerahan secara simbolis dari Perwakilan Kementrian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung diterima Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan, Yudhi Himawan dan langsung diserahkan kepada peneri maanfaat. 

"Alhamdulillah hari ini (Selasa, 27/06/2023) kita mendapatkan bantuan yang cukup besar dengan nominal sekitar Rp 661.500.500 untuk 650 penerima manfaat. Sedangkan untuk bantuan bermacam-macam, ada sembako, kemudian bantuan usaha, kemudian ada alat bantu kursi roda, terus kruk, repot Walker dan alat bantu dengar, "terangnya.

Bantuan tersebut lanjut dia, diberikan secara simbolis di wilayah Kecamatan Wiradesa. Kemudian nanti wilayah yang lain menyusul diberikan oleh teman-teman Dinas Sosial dibantu oleh TKSK di wilayah kecamatan masing-masing. 

"Untuk nilainya tiap kecamatan bervariasi dan penerima terbanyak di Kecamatan Wiradesa, oleh karena itu kita ambil yang menerima terbanyak untuk kita lakukan simbolis, " ungkapnya. 

Ia berharap semoga bantuan yang diberikan oleh Kementerian banyak memberi manfaat, tepat sasaran. Sebab bantuan tersebut menunjukkan kolaborasi bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan juga selama ini bersinergi dengan Kementerian. Sebab apabila Pemda sendirian maka tidak bisa mencukupi karena kebutuhan di masyarakat sangat banyak penerima.

"Jadi bantuan ini adalah yang sudah dilakukan melalui apa assessment terintegrasi oleh Kementerian, sehingga sudah terdaftar otomatis nama-nama yang diberikan bantuannya, sudah terdaftar di Kementerian. Mungkin tahun selanjutnya kita bisa tambahkan lagi karena ini belum selesai assesment. Teman-teman kita sesuai dengan asessment, semua kita datangi dalam pemberian kepada satu persatu. "

"Saat Ini sudah mengumpulkan 15 persen dari total penerima manfaat yang ada di Kabupaten Pekalongan. Sekitar 6000 an penerima manfaat. Kami pastikan yang menerima ini benar benar sudah dilakukan asesmen dan membutuhkan, "imbuhnya. 

Sementara Penerima bantuan Darwito (27) asal Mayangan Kecamatan Wiradesa, mengaku senang dengan mendapat bantuan sepeda. Adapun sepeda tersebut rencana digunakan untuk berjualan layangan. 

"Sepeda ini akan saya gunakan untuk jualan layangan. Untuk itu saya mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan sepeda ini, " ungkapnya. (Yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: