Dosen Prodi Diploma Tiga Keperawatan UMPP, Ajak Masyarakat Tingkatkan Aktivitas Fisik Cegah Diabetes Melitus

Dosen Prodi Diploma Tiga Keperawatan UMPP, Ajak Masyarakat Tingkatkan Aktivitas Fisik Cegah Diabetes Melitus

KESERUAN - Keseruan masyarakat mengikuti penyuluhan yang diberikan Dosen Prodi Diploma Tiga Keperawatan UMPP.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit Diabetes Melitus.

Dosen bersama mahasiswa Prodi Diploma Tiga Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) gelar kegiatan pengabdian masyarakat.

Mengangkat tema Aktifitas Fisik dan Farmakologi pada Diabetes Melitus atau Kencing Manis.

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini sasar warga yang berada di RT 17 RW 16, Kelurahan Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, pada Jumat (18/8/2023).

Pemateri tim penelitian dan pengabdian masyarakat Dosen bersama Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Keperawatan FIKes UMPP, Tri Sakti Wirotomo, S.Kep., Ns., M.Kep mengatakan materi yang akan disampaikan berkaitan dengan Diatebes Melitus. Khususnya tentang mengajarkan aktivitas fisik, Farmakologi untuk penanganan dan pencegahan pada pasien Diabetes Melitus.

"Hal ini menarik dibahas karena seperti diketahui kasus Diabetes Melitus pada masyarakat saat ini semakin meningkat. Dan akibat dari Diabetes Melitus sendiri bisa juga menimbulkan komplikasi-komplikasi penyakit baik akut maupun kronis," ungkap Tri, ditemui disela penyuluhan belum lama ini.

Menurutnya, dalam upaya pencegahan terjadinya peningkatan jumlah penyakit ini maka dibutuhkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat.

Lewat kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dapat menjadi sarana untuk peningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberikan pengetahuan tentang bagaimana penanganan Diabetes Melitus khususnya aktivitas fisik, yang nantinya bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat untuk mengantisipasi timbulnya penyakit komplikasi dikemudian hari. 

"Masyarakat akan dilatih bagaimana upaya aktivitas fisik penanganan Diabetes Melitus dan bagaimana cara mengkonsumsi obat sehingga di diharapkan terjadinya komplikasi - Komplikasi akut ataupun kronis nantinya dapat antisipasi," terangnya. 

Selain penyampaian materi yang berkaitan dengan penyakit Diabetes Melitus secara umum mulai dari pengertian, tanda gejala hingga penanganan.

Disini masyarakat juga diajak melakukan aktifitas fisik ringan berupa Senam Kaki Diabetes Melitus. Hal ini tentu tidak membutuhkan energi besar dan bisa dilakukan dimana saja. 

"Tentu lewat penyuluhan ini kedepan, masyarakat diharapkan akan memiliki aktivitas sehari-hari baru yang dapat diterapkan. Sesuai dengan apa yang telah disampaikan lewat pengabdian masyarakat ini," tandasnya.  

Selain materi dan aktifitas fisik masyarakat juga diberikan pemeriksaan gartis. Mulai dari Tensi darah, gula darah, tes asam urat hingga pengecekan kolesterol. 

Dan antusias pun nampak dari masyarakat yang mengikuti kegiatan penyuluhan pengabdian masyarakat Prodi Diploma Tiga Keperawatan FIKes UMPP tersebut.(Adv/ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: