10 Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital, Jangan Sampai Data Pribadimu di Curi Orang

10 Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital, Jangan Sampai Data Pribadimu di Curi Orang

Tips menjaga keamanan data pribadi -(Foto: freepik)-

Kemudian kamu juga perlu menghindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman saat mengakses informasi pribadi. Gunakan koneksi VPN (Virtual Private Network) untuk menciptakan koneksi yang aman dan terenkripsi, terutama ketika menggunakan Wi-Fi publik. Lebih baik menggunakan data internet pribadi supaya lebih aman. 

Baca juga: Mewah tapi Murah! Desain Realme C51 yang Mirip Iphone Sukses Membuat para konsumen Jatuh Hati

5. Pertimbangkan Keamanan Perangkat Tambahan

Gunakan fitur keamanan yang ada di handphone atau sejenisnya seperti sensor sidik jari atau pemindai wajah yang tersedia untuk melindungi akses fisik ke perangkat kamu.

6. Batasi Pembagian Informasi Pribadi

Berhati-hatilah saat membagikan informasi pribadi, terutama di media sosial. Pastikan hanya memberikan informasi yang benar-benar diperlukan, dan berikan izin akses hanya kepada orang atau aplikasi yang tepercaya.

7. Gunakan Keamanan Multi-Faktor

Aktifkan fitur keamanan multi-faktor pada akun online Anda. Fitur ini membutuhkan verifikasi tambahan, seperti kode yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi otentikasi, untuk memastikan bahwa hanya kamu yang dapat mengakses akun tersebut sehingga kemanan data pribadimu terjaga dengan baik. 

8. Simpan Data Pribadi dengan Aman

 Gunakan perangkat penyimpanan eksternal yang aman atau menyimpan data pribadi kamu dalam layanan cloud atau Drive yang tepercaya dengan enkripsi yang kuat. Pastikan mencadangkan data secara teratur.

Baca juga: Update Harga HP Xiaomi September 2023, 1 Jutaan sudah dapat HP RAM 8GB Dengan Kamera 50MP

9. Menggunakan Perangkat Keamanan Digital

Instal perangkat lunak keamanan yang andal, seperti antivirus dan firewall, untuk melindungi perangkat Anda dari malware dan serangan siber.

10. Selalu Update Informasi tentang Pendidikan Keamanan Digital

Selalu update dan  bijaksana dalam penggunaan internet dan teknologi. Tingkatkan pengetahuan  tentang keamanan digital dengan membaca, mengikuti pelatihan, atau mengikuti sumber informasi yang tepercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: