Tanaman Anggrek Kalian Sekarat? Jangan Khawatir, Begini Cara merawat Tanaman Anggrek yang Hampir Mati

Tanaman Anggrek Kalian Sekarat? Jangan Khawatir, Begini Cara merawat Tanaman Anggrek yang Hampir Mati

Tanaman Anggrek Kalian Sekarat? Jangan Khawatir, Begini Cara merawat Tanaman Anggrek yang Hampir Mati-Kebun Emaknya Benjamin-Youtube

Usahakan untuk menggunakan media tanam yang mempunyai sifat porositas dan drainase yang baik seperti pasir, moss, arang, pakis, kulit pohon pinus atau sabut kelapa.

BACA JUGA:Dijamin Anti Layu, Inilah 5 Cara Merawat Anggrek Setelah Berbunga Agar Tahan Lama

3. Periksa Akar Tanaman

Cara merawat tanaman anggrek yang hampir mati agar kembali sehat dan tumbuh subur yang berikutnya yaitu dengan memeriksa akar tanamannya.

Kalian dapat mengeluarkan tanaman anggrek dari pot dan media tanamnya untuk memeriksa apakah akar tanaman anggrek tersebut masih sehat atau tidak.

Tanaman anggrek yang sehat akan memiliki akar dengan perpaduan warna antara hijau dan abu-abu muda. Sedangkan tanaman anggrek yang tidak sehat akan memiliki akar berwarna coklat tua kehitam-hitaman.

Nah, jika kalian melihat ada akar yang berwarna coklat tua kehitam-hitaman, kalian dapat memotong akar tersebut secara hati-hati dengan menggunakan gunting taman yang steril.

Setelah itu, kalian dapat memasukkan kembali tanaman anggrek tersebut ke dalam pot dan ingat untuk mengganti media tanamnya dengan yang baru.

BACA JUGA:Pecinta Tanaman Anggrek Wajib Tahu, Inilah 7 Manfaat Air Perasan Lemon Untuk Tanaman Anggrek

4. Potong Daun dan Batang yang Menguning

Untuk memotong daun dan batang yang menguning, kalian dapat menggunakan gunting taman yang steril. Potonglah bagian yang menguning tersebut sampai ke titik pertumbuhan tanaman yang sehat.

Kalian juga dapat memotongnya sampai ke bagian pangkal tanaman agar nantinya tumbuh tunas baru, namun biasanya cara ini beresiko membuat tanaman anggrek tersebut mati jika kalian tidak berhati-hati dalam memtongnya.

5. Lap Daun dengan Menggunakan Air Dingin

Tanaman anggrek diketahui dapat tumbuh subur dalam kondisi yang sejuk dan lembab. Oleh karena itu, tanaman anggrek menyukai lingkungan dengan kelembapan antara 50 sampai 80 persen.

Kalian dapat mengusahakan hal tersebut dengan cara mengelap daun dari tanaman anggrek tersebut dengan air dingin setiap hari agar tanaman anggrek yang hampir mati dapat kembali sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: