5 Efek Samping Makan Petai, Penderita Asam Urat Wajib Baca

5 Efek Samping Makan Petai, Penderita Asam Urat Wajib Baca

Efek makan petai terlalu banyak salah satunya bisa menyebabkan asam urat.-Tangkapan layar kanal Youtube saddam ismail.-

4. Pembentukan tophi

Benjolan kecil berwarna putih yang terbentuk akibat penumpukan kristal asam urat di bawah kulit inilah yang dinamakan tophi. Saat asam urat terlalu tinggi, tophi berasa sangat nyeri hingga menyebabkan gangguan saat beraktivitas.

5. Kerusakan sendi permanen

Efek samping makan petai terlalu banyak dan sering selanjutnya ialah menyebabkan kerusakan sendi permanen. Terutama bagi penderita asam urat. Purin akan terus menumpuk dan berubah menjadi asam urat hingga akhirnya membentuk kristal sendi yang bisa kian parah seiring perjalanan waktu. 

Tips Aman Konsumsi Petai

Jika memang menyukai petai karena citarasanya yang unik, nikmatilah dalam batas wajar. Adapun tips makan petai yang aman adalah sebagai berikut, terutama agar asam urat tak datang menyerang:

1. Batasi makan petai

Ingat jangan terlalu banyak dan sering makan petai. Dalam sehari atau seminggu, batasi makan petainya. Jangan makan petai satu hingga dua keris dalam sekali santap.

Baca juga:5 Obat Alami Asam Urat, Mudah Dibuat dan Tanpa Efek Samping

2. Jaga cairan tubuh

Tak hanya membatasi makanan tinggi purin saja, namun asupan cairan tubuh harus dijaga, yakni dua hingga dua setengah liter per hari. Ingat! jangan terlalu banyak cairan masuk ke tubuh juga bisa menyebabkan gangguan jantung dan ginjal tahap akhir.

3. Turunkan berat badan

Tak ingin kena asam urat, jangan terlalu gemuk. Berat badan dijaga agar ideal. Sebab, tubuh akan banyak memproduksi insulin jika kelebihan berat badan. Produksi insulin berlebihan akan menghambat eliminasi asam urat oleh ginjal, sehingga bisa menyebabkan asam urat.

4. Pilih sumber karbohidrat yang tepat

Makanlah karbohidrat kompleks atau serat, seperti buah, sayur dan gandum. Karbohidrat sederhana seperti kue, roti putih dan minuman kaleng perlu dihindari agar sehat dan bebas dari asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: