Dijamin Aman dan Sehat! Daftar 6 Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi Berbahan Alami

Dijamin Aman dan Sehat! Daftar 6 Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi Berbahan Alami

Jus untuk menurunkan darah tinggi-Jus untuk menurunkan darah tinggi-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Ada banyak cara alternatif agar darah tinggi menjadi stabil, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus untuk menurunkan darah tinggi. Bahkan, jus penurun darah tinggi ini menjadi terapi yang telah digunakan untuk membantu penyembuhan pasien hipertensi sejak lama.

Hal ini dikarenakan, hampir semua buah dan sayur di Indonesia mengandung serat yang baik untuk para penderita hipertensi. Lantas apa saja ya jus untuk menurunkan darah tinggi?

Bagi kalian para pasien hipertensi dan ingin mencoba meminum jus yang baik dikonsumsi oleh pasien hipertensi dan mampu membantu menurunkan darah tinggi, kalian tak perlu khawatir.

Di sini, kami akan merekomendasikan beberapa jus untuk menurunkan darah tinggi.

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

BACA JUGA:Kaya akan Vitamin, 10 Buah untuk Menghilangkan Pusing Saat Hamil agar Badan Tak Lemas

1. Jus Sawi Putih dan Wortel

Jus untuk menurunkan darah tinggi yang pertama adalah jus sawi dan wortel.

Melansir dari Medical News Today, sawi putih ini mengandung kalium yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, sawi putih ini juga mengandung serat, serta provitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C.

Nah, di sini kalian bisa mengonsumsi sawi putih ini dengan cara mengolahnya menjadi jus dan mencampur sawi putih tersebut dengan wortel.

2. Jus Buah Bit

Selain sawi putih, kalian juga bisa mengolah buah bit menjadi jus untuk menurunkan darah tinggi. Sayuran berwarna merah serta rendah kalori ini dikenal memiliki vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang mampu meningkatkan kesehatan.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:Begini 8 Cara Ampuh Atasi Rasa Capek dan Lemas dengan Ekstrak Multivitamin Jus Buah

Sehingga tak heran, jika buah bit ini digadang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pada tahun 2016, sebuah penelitian menemukan bahwa jus bit baik itu mentah ataupun dimasak mampu menurunkan risiko tenakan darah. Namun, meskipun buah bit ini bisa dikonsumsi secara mentah ataupun matang, kami sarankan kalian mengolah bit yang mentah atau tidak di masak.

Sebab, jus buah bit yang tidak dimasak memiliki efek yang lebih besar pada tekanan darah.

3. Jus Tomat

Selain jus buah bit, kalian juga bisa mengonsumsi jus tomat untuk membantu menurunkan darah tinggi.

Bahkan hal ini sudah terbukti dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus tomat/hari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

BACA JUGA:10+ Suplemen Vitamin Alami dari Buah-buahan untuk Badan Lemas dan Lesu, Aman dan Sehat Bagi Tubuh

4. Jus Mengkudu

Dikenal sebagai salah sat jenis buah yang memiliki rasa pahit, mengkudu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat dijadikan sebagai obat penurun darah tinggi atau hipertensi.

Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, buah mengkudu ini mengandung banyak senyawa aktif, diantaranya adalah polysaccharidem coumarin, alkaloid, sterol, linoleic, Vitamin A, Vitamin C, dan Karoten.

Tidak hanya itu saja, buah mengkudu ini juga mengandung zat skopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah. Untuk menurunkan darah tinggi, kalian bisa mengolah mengkudu matang ini menjadi jus.

5. Jus Apel dengan Wortel

Jika tadi ada jus sawi putih dengan wortel, kalian juga bisa menurunkan darah tinggi dengan mengolah apel dijadikan sebagai jus yang dicampur dengan wortel.

BACA JUGA:Tinggi Multivitamin, 9 Minuman yang Tepat untuk Badan Lesu dan Suka Ngantuk di Kantor

BACA JUGA:Kaya Multivitamin, Ini Dia 8 Minuman untuk Badan Lemas dan Pusing dari Bahan Alami

Mengutip dari buku berjudul Bebas Hipertensi, jus apel wortel ini dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat ini didapatnya dari kandungan kalium, fosfor, dan mangesium yang dimiliki buah apel.

Selain itu, juga apel ini juga kaya akan serat dan rendah lemak. Hal itulah yang membuat apel dipercaya mampu untuk menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan.

6. Jus Labu Siam dan Mentimun

Selain mencampurkan sawi putih dengan wortel atau apel dengan wortel, kalian juga bisa membuat jus mix dengan bahan labu siam dan mentimun.

Dikenal sebagai pelengkap masakan, labu siam dan mentimun ini jika dicampur juga bisa menjadi obat penurun darah tinggi.

BACA JUGA:Tubuhmu Sering Sakit? Ini Dia 7 Minuman untuk Mengatasi Badan Lemas dan Capek

BACA JUGA:Tinggi Vitamin C, 10 Minuman untuk Menghilangkan Badan Lemas dan Kepala Pusing

Melansir dari buku yang berjudul Tanaman Obat dan Jus, labu siam ini mengandung saponin, tanin, dan alkaloid. Sehingga baik untuk mengatasi penyakit jantung, hipertensi, stroke, dan kolesterol.

Dalam pembuatan jus ini, kalian bisa mencampurkan labu siam dan mentimun, dengan air jeruk nipis dan madu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: