Mudah Dilakukan! Inilah 6 Cara Mengatasi Darah Tinggi Tanpa Obat Dijamin Langsung Normal Kembali

Mudah Dilakukan! Inilah 6 Cara Mengatasi Darah Tinggi Tanpa Obat Dijamin Langsung Normal Kembali

cara mengatasi darah tinggi tanpa obat-ilustrasi seorang wanita yang terkejut dengan tekanan darahnya-Freepik.com/stockking --

RADARPEKALONGAN - Mengetahui bagaimana cara mengatasi darah tinggi tanpa obat tentunya sangat penting dilakukan. Sebab, ketika kamu merasakan gejala darah tinggi, kamu tidak perlu terburu-buru ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan.

Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi darah tinggi tanpa obat, sebaiknya kita ketahui apa sebenarnya darah tinggi itu?

Pada dasarnya darah tinggi bukanlah suatu penyakit yang membahayakan, jika kamu secepat mungkin mengatasinya. Namun, lain hal nya jika kamu membiarkannya terlalu lama.

Sebab, jika didiamkan terlalu lama, memiliki tekanan darah tinggi ini dapat menyebabkan hipertensi.

Adapun jika hipertensi didiamkan terlalu lama dapat memberikan efek berupa penyakit membahayakan seperti stroke hingga serangan jantung.

BACA JUGA:Patut Dicoba, 5 Manfaat Rutin Minum Air Jeruk Nipis Tenyata Bagus Juga Buat Diet Karbo

BACA JUGA:Ini Dia 6 Pilihan Sarapan Sehat dan Menu Bergizi untuk Diet

Untuk menyadari kalian terkena darah tinggi bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit. Terdapat beberapa gejala yang bisa menjadi tanda-tanda kamu terkena darah tinggi.

Gejala-gejala tersebut seperti sakit pada bagian kepala, vertigo hingga sesak napas. Namun, ada satu cara jitu dan ampuh apakah kamu mengalami darah tinggi atau tidak.

Carat tersebut adalah dengan menggunakan alat pengukur tensi. Tekanan darah yang menandakan kamu terkena darah tinggi yakni apabila angka dalam alat tersebut melebihi 130/80 mmHg.

Jika kamu sudah berada pada tekanan tersebut, cara mengatasi darah tinggi tanpa obat yakni sebagai berikut

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

BACA JUGA:Mudah Dibuat! Inilah 4 Resep Jus Penurun Darah Tinggi yang Enak dan Menyegarkan

1. Mengurangi Konsumsi Natrium

Natrium merupakan sebuah kandungan yang dapat ditemukan di garam, baik itu garam makanan, minuman ringan, makanan kaleng, hingga cemilan.

Mengonsumsi garam yang berlebeihan inilah merupakan salah satu pemicu meningkatkan natrium sodium dalam tubuh dan menjadi salah satu penyebab hipertensi.

Maka dari itu, bagi kamu yang baru-baru ini merasakan gejala darah yinggi, sebaiknya mengurangi ataupun bila perlu tidak usah menggunakan garam sedikitpun.

BACA JUGA:Sangat Disarankan! Berikut 8 Jus untuk Sakit Kepala dan Badan Capek yang Mengandung Vitamin B12

BACA JUGA:6 Pilihan Merk Obat Pelangsing yang Ada di Apotek

2. Memperbanyak Asupan Kalium

Seperti yang diketahui bahwa kalium merupakan salah satu kandungan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Jadi, dengan meningkaykan konsumsi kalium, kamu dapat membantu pembuluh darah dalam melawan kerusakan yang dipicu banyak natrium dan air yang dapat dikeluarkan tubuh. Sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

3. Menjaga Pola Makan Sehat

Bagi kamu yang menyukai makanan fast food, sebaiknya segeralah dihentikan. Sebab, makanan fast food juga dapat menyebabkan kegemukan yang berlebih atau obesitas.

Sebab, berat badan berlebih dapat menyebabkan tekanan kecil pada arteri yang mengakibatkan terkanan darah meningkat.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:4 Cara Memutihkan Wajah dengan Masker Kopi, Ampuh Usir Flek Hitam dan Bikin Wajah Glowing, Cara Awet Muda

Untuk itu, sangat penting bagi kalian untuk menjaga pola makan sehat berupa DASH seperti mengonsumsi sayur, buah, susu rendah lemak, dan biji-bijian untuh.

Adapun beberapa makanan sehat untuk menurunkan darah tinggi yaitu buah atau sayur yang mengandung kalium seperti jeruk, anggur, apel, pisang, dan lain sebaainya.

4. Menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol

Selain mengonsumsi makanan fast food, adalagi nih dua kebiasaan burung yang menjadi pemicu timbulnya dara tinggi. Kedua kebiasaan tersebut adalah merokok dan minum alkohol.

Seseorang yang sering merokok dan minum alkohol diketahui memilii risiko lebih tinggi mengalami komplikasi hipetensi seperti strok dan jantung dibandingkan denga orang yang menjaga hidup sehat.

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

BACA JUGA:Mudah Dibuat! Inilah 4 Resep Jus Penurun Darah Tinggi yang Enak dan Menyegarkan

5. Olahraga Rutin

Cara ampuh dalam menurunkan darah tinggi tanpa obat adalah dengan melakukan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat di sini tidak hanya mengonsumsi makan-makanan bergizi saja ya.

Namun. Kamu juga pelu melakukan olahragga secara rutin dan konsisten, setidaknya kurang lebih 30 menit. Adapun beberapa contoh olahraga yang gratis dan dapat mudah kalian lakukan adalah jogging, jalan kaki, senam, bersepeda, hingga berenang.

6. Mengelola Sters

Tahukah kamu bahwa stres dan rasa cemas yang berkepanjangan bisa loh menyebabkan tekanan darah tinggi seseorang.

Ketika kamu sedang banyak pikiran dan menalami kepenatan jiwa dan otak, tanpa disadari tekanan darah dapat naik drastis. Nah, jika hal tersebut terjadi, salah satu cara yang orang terdekat di sana adalah sebagai cara menangani stres. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: