Bagaimana Cara Diet yang Benar untuk Para Pemula yang Ingin Berhasil Menurunkan Berat Badan

Bagaimana Cara Diet yang Benar untuk Para Pemula yang Ingin Berhasil Menurunkan Berat Badan

bagaimana cara diet yang benar-freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Ingin menurunkan berat badan, tapi masih bingung bagaimana cara diet yang benar? Nah artikel ini cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari informasi tersebut. Kamu bisa menyimak pembahasannya sampai selesai ya.

Tahukah kamu bahwa diet sudah menjadi gaya hidup yang sehat bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang merasa berat badannya masih kurang ideal. 

Jika kita melihat tentang pengertian diet sendiri, sebenarnya diet ini sebuah pola makan yang sudah menjadi kebiasaan, dimana cara dan jenis makanannya sudah diatur sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang.

Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing, jadi tidak bisa disamaratakan. Ada orang yang melakukan diet untuk mempertahankan berat idealnya, atau menaikkan berat badan, bahkan yang paling sering dilakukan adalah untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Tinggi Kalsium dan Cocok untuk Diet, Ini Dia 6 Susu Rendah Lemak Terbaik

Nah biasanya orang-orang yang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan ini adalah mereka yang memiliki kelebihan berat badan, obesitas, atau bisa juga karena berat badan yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan mereka.

Untuk melakukan diet ini, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara diet yang benar, khusunya untuk para pemula.

Bagaimana Cara Diet yang Benar

1. Melakukan defisit kalori

Untuk melakukan defisit kalori saat diet, kamu perlu mengonsumsi makanan yang jumlah kalorinya kurang dari jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah kalori sendiri adalah jumlah energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. 

Misalnya seseorang sebenarnya membutuhkan 2000 kalori per hari, tapi dia hanya akan mengonsumsi makanan dengan 1800 kalori per hari saja, nah ini berarti sudah melakukan defisit kalori adalah sebanyak 300 kalori. 

BACA JUGA:4 Cara Mengolah Sayuran agar Tidak Bosan Dikonsumsi saat Sedang Diet

Sementara itu tubuh kan tetap menghasilkan energi untuk beraktivitas, nah disaat kalori yang mampu diserap tadi jumlahnya hanya sedikit, maka tubuh akan mengambil sumber lain seperti lemak-lemak berlebih yang ada pada tubuh, yang akan membantu penurunan berat badan. 

2. Jaga pola makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: