Mana Lebih Efektif? Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Kardio atau Angkat Beban

Mana Lebih Efektif? Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Kardio atau Angkat Beban

Ilustrasi suasana gym, cara menurunkan berat badan denga latihan kardio atau angkat bedan.-Drazen Zigic/Freepik.com -

Kemudian jika membahas tentang angkat beban, juga tidak kalah dalam meningkatkan pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Hanya saja cara kerjanya yang berbeda dengan olahraga kardio.

Pada olahraga angkat beban kita lebih fokus pada latihan otot. Selain dapat membakar lemak tubuh, angkat beban juga berfungsi membentuk lebih banyak otot tubuh dan juga meningkatkan kekuatan tulang.

Setelah melakukan latihan angkat beban, otot akan lebih banyak membutuhkan energi untuk memperbaiki seratnya. Hal ini akan tetap meningkatkan terjadinya pembakaran lemak meski di luar jam latihan, sehingga menjaga berat badan lebih stabil

Jadi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan bonus tubuh yang sixpack bisa memilih jenis olahraga angkat beban ini.

Lalu Mana yang Lebih Efektif Bakar Lemak?

Secara durasi, olahraga kardio dapat membakar lemak lebih cepat, lewat irama gerakan yang memicu kerja jantung dan mengandalkan lebih banyak oksigen yang dihirup.

Sedangkan lewat olahraga angkat beban akan lebih banyak membentuk massa otot, sehingga efektif untuk menstabilkan berat badan setelahnya.

Pada saat ketika melakukan olahraga kardio proses pembakaran lemak yang terjadi akan lebih banyak daripada ketika melakukan angkat beban. Sehingga berat badan akan lebih cepat turun saat dilakukan dengan konsisten dan diimbangi dengan pola makan sehat.

Namun, saat  latihan angkat beban akan efektif membentuk massa otot, sehingga pembakaran lemak tidak hanya terjadi ketika latihan saja, tetapi tetap berlangsung di luar jam latihan. Hal ini yang akan membuat berat badan lebih stabil, tidak gampang untuk naik lagi.

Jadi jika berbicara mana yang lebih efektif menurunkan berat badan, antara kardio atau angkat beban, kembali lagi pada tujuan, dan pencapaian apa yang sedang kamu inginkan.

Saat sedang mengejar penurunan berat badan dalam waktu yang lebih singkat, maka pilihan olahraga kardio bisa lebih efektif dalam mencapai tujuanmu.

Sedangkan ketika ingin menghilangkan lemak untuk memiliki bentuk tubuh ideal, maka olahraga angkat beban bisa jadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.

BACA JUGA:Apa Itu Olahraga Kardio? Tidak Hanya Efektif Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Olahraga Kardio untuk Tubuh

Kamu juga bisa mendapat keunggulan dari masing-masing olahraga tersebut dengan cara memadukan kedua latihan dalam program penurunan berat badan yang sedang dijalani. Dalam waktu 1 minggu lakukan olahraga kardio dengan olahraga angkat beban secara bergantian.

Jadi tidak perlu bingung lagi untuk menentukan olahraga mana yang akan dilakukan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh, dan jangan lupa kunci yang paling penting agar penurunan berat badan berhasil adalah pada kekonsistenan dalam berolahraga.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: