Yuk Mulai Hidup Sehat! 20 Jenis Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik Dikonsumsi Sehari-hari

Yuk Mulai Hidup Sehat! 20 Jenis Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik Dikonsumsi Sehari-hari

20 jenis makanan sehat dan bergizi-ilustrasi makanan sehat dan bergizi-freepik

BACA JUGA:Tips Diet: Cara Mengecilkan Perut pada Wanita dengan 5 Makanan Sehat Ini, Berhasil dalam 2 Minggu

BACA JUGA:Sehat dan Mudah Didapatkan! Ini Dia Makanan Sehat untuk Orang Tua

1. Karbohidrat

Karbohidrat mrupakan salah satu komponen penting bagi tubuh manusia karena merupakan sumber energi yang baik. Karbohidrat pada bahan makanan terbagi menjadi dua jenis, yakni karbohidrat sederhana dan kompleks.

Makanan dengan karbohidrat sederhana banyak mengandung gula dan sedikit serat. Lalu, karbohidrat kompleks adalah jenis makanan yang karbohidratnya tidak bisa disaring oleh tubuh dan hanya meninggalkan serat.

2. Protein

Selain karbohidrat, makanan sehat dan bergizi juga harus mengandung protein. Karena, protein berfungsi sebagai enzim yang dibutuhkan pada reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam metabolisme tubuh kita.

Ada dua jenis protein yang dibutuhkan tubuh, yakni protein hewani dan nabati. Jenis makanan yang sehat dan bergizi adalah yang mengandung kedua protein tersebut.

BACA JUGA:Cegah Mata Minus Secara Alami Lewat 9 Daftar Makanan Sehat Kaya Multivitamin

BACA JUGA:Tinggi Vitamin A, Inilah Makanan Sehat Cegah Sakit Mata untuk Orang Tua

3. Lemak

Makanan yang sehat dan bergizi juga harus mengandung lemak. Sebagai informasi, lemak terbagi menjadi dua jenis yakni lemak jenuh dan tidak jenuh. Apa yang membedakan antara keduanya?

Lemak jenuh atau sering disebut juga lemak jahat sering ditemukan pada produk olahan hewani, seperti daging dan jeroan (hati, paru, usus, dan lain sebagainya).

Bila mengkonsumsi lemak jenuh dalam jumlah banyak, hal tersebut akan meningkatkan kolesterol dalam darah.

Sementara itu, lemak tak jenuh baik untuk tubuh karena banyak ditemukan pada kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian seperti wijen dan bunga matahari, buah alpukat, serta ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: