Tidak Ada Lagi Alasan Bermalas-malasan Untuk Shalat, Berikut Ini 6 Keutamaan Shalat Dalam Islam

Tidak Ada Lagi Alasan Bermalas-malasan Untuk Shalat, Berikut Ini 6 Keutamaan Shalat Dalam Islam

Shalat banyak keutamaannya.-Tangkapan layar freepik.com-

Ibnu Mas'ud radhiyallahu anhu mengatakan, "Lalu aku bertanya lagi, "Lalu apa?" Beliau shallallahu alaihi wa sallam menjawab, "Berbakti kepada kedua orang tua." 

Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu mengatakan lagi, "Lalu aku bertanya lagi, "Lalu apa?" Beliau shallallahu alaihi wa sallam menjawab, "Jihad di jalan Allah".

Baca lagi:3 Kiat Bangun Subuh, Yuk Raih Keutamaan Shalat Subuh yang Luar Biasa

3. Membersihkan dosa-dosa

Shalat akan membersihkan dosa-dosa. Ini sesuai dengan hadist dari Jabir radhiyallahu anhu, dia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ كَمَثَلِ نَهَرٍ جَارٍ غَمْرٍ عَلَى بَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ مِنْهُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ

"Shalat fardhu yang lima waktu itu seperti sebuah sungai yang airnya mengalir melimpah di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian. Ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali".

4. Menggugurkan dosa

Disebutkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

"Shalat yang lima waktu, Jumat yang satu ke Jumat lainnya, Ramadhan yang satu ke Ramadhan lainnya, itu bisa menjadi penghapus dosa di antara keduanya selama pelakunya menjauhi dosa-dosa besar".

Baca juga:Dzikir dan Doa Usai Shalat Fardhu Sesuai Sunah

5. Cahaya di dunia dan akhirat

Barangsiapa menjaga shalat lima waktu, maka akan menjadi cahaya dan keselamatan pada hari kiamat. Pada hari kiamat, orang yang tidak menjaga shalatnya akan bersama Qarun, Firaun, Haman dan Ubay bin Khalf.

Ini berdasarkan hadist dari Abdullah bin Amr radhiyallahu anhuma, diriwayatkan bahwa suatu hari Nabi shallallahu alaihi wa sallam membicarakan tentang shalat, lalu Beliau bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: