Jenis-jenis Teh Penurun Kolesterol Paling Ampuh yang Wajib Kamu Coba, Mudah Turunkan Kolesterol secara Alami

Jenis-jenis Teh Penurun Kolesterol Paling Ampuh yang Wajib Kamu Coba, Mudah Turunkan Kolesterol secara Alami

jenis teh penurun kolesterol--sindonews.com

Jenis teh penurun kolesterol pertama adalah teh kembang sepatu. Teh kembang sepatu dilaporkan memiliki kadar antioksidan tertinggi di antara semua teh herbal. 

Sebuah tinjauan uji klinis pada tahun 2014 menunjukkan bahwa konsumsi teh kembang sepatu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat. 

2. Teh Hijau

Jenis teh penurun kolesterol selanjutnya adalah teh hijau. Menurut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, ekstrak teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 11,3% dan LDL sebesar 16,4%.

Tidak hanya itu, kadar trigliserida juga turun 3,5% dan meningkatkan kadar HDL sebesar 2,3%.  

3. Teh Putih

Teh putih juga merupakan salah satu jenis teh yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Science, dibandingkan dengan teh hijau, teh putih memiliki 14,40-369,60 mg/g katekin. Sedangkan teh hijau mengandung 21,38-228,20 mg/g katekin.   

Katekin terbukti dapat menghilangkan racun dalam tubuh, membakar timbunan lemak, membantu mengatur kolesterol, dan meningkatkan fungsi arteri.

4. Teh Rooibos (Teh Semak Merah)

Pernahkah kamu mendengar tentang teh herbal rooibos? Jenis teh ini dilaporkan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. 

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Ethnopharmacology, peserta penelitian yang meminum enam cangkir teh rooibos setiap hari selama enam minggu mengalami penurunan kadar LDL hingga 0,7 mmol/L dan juga mengalami peningkatan kadar HDL hingga 0,3 mmol/L. 

5. Teh Jahe

Jika kamu pecinta teh jahe, kamu akan senang mendengar ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Medical Journal pada tahun 2008 melaporkan bahwa teh jahe baik untuk menurunkan kolesterol. 

Tidak hanya sebagai penurun kolesterol, teh jahe juga mampu meredakan rasa tidak nyaman diperut.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: