Berlatar Perang Dunia II! Ini 3 Novel Sejarah Fiksi Untukmu Pecinta Sejarah

Berlatar Perang Dunia II! Ini 3 Novel Sejarah Fiksi Untukmu Pecinta Sejarah

Berlatar Perang Dunia II! Ini 3 Novel Sejarah Fiksi Untukmu Pecinta Sejarah--

Salt To The Sea

Novel ini merupakan karya kedua dari penulis asal Lithuania bernama Ruta Sapetys. Mengambil sudut pandang yang berbeda dengan pilihan novel selanjutnya, Ruta kali ini mengisahkan orang-orang Jerman dan Lithuania yang terjebak di Prussia atau yang kini dikenal sebagai Kaliningrad.

Dikisahkan dalam novel bahwa saat itu Prussia sudah berada di bawah kedudukan tentara Uni Soviet yang tidak kenal ampun merampas dan merebut tanah tersebut.

Novel sejarah fiksi yang satu ini dikisahkan melalui sudut pandang tiga orang dengan latar belakang yang berbeda, yakni Florian si tentara, Joana pekerja medis, dan Emilia seorang gadis. 

Kamu akan disajikan berbagai plot twist dan peristiwa yang mengetuk rasa kemanusiaan dalam dirimu.

BACA JUGA Lengkap dengan Ciri dan Contohnya! Ini Pengertian Novel Sejarah yang Perlu Kamu Tahu

The Book Thief

Novel sejarah fiksi tentang Perang Dunia II selanjutnya adalah novel karya Markus Zusak yang sudah terbit sejak tahun 2005. Novel ini sangat unik karena mengambil sudut pandang malaikat pencabut nyawa atau yang dalam novel ini disebut dengan istilah ‘Death’.

Kisah seorang gadis Jerman bernama Liesel diceritakan oleh Zusak dalam novelnya ini. Liesel dipaksa mengungsi di rumah salah satu kerabat ayahnya kala itu.

Perintah ini dilatarbelakangi oleh alasan bahwa orang tua Liesel tergabung ke dalam kelompok komunis yang juga menjadi sasaran Nazi.

Dalam situasi ini, Liesel tidak sepenuhnya sendirian. Dia bersama seroang pemuda yang juga bersembunyi di rumah tersebut dan dia merupakan seorang Yahudi.

Fakta lainnya tentang novel ini adalah bahwa novel sejarah fiksi tentang Perang Dunia II yang satu ini sudah difilmkan karena banyaknya pecinta novelnya.

Jika kamu sangat tertarik dengan isu Perang Dunia II, kamu tidak akan menyesal membaca novel-novel di atas. Jadi, tunggu apa lagi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: