Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi untuk Mencegah Sembelit, Meningkatkan Pencernaan yang Sehat

Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi untuk Mencegah Sembelit, Meningkatkan Pencernaan yang Sehat

Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi --freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Daftar makanan dengan kandungan serat tinggi dan kualitas rasa yang lezat yaitu seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, yang secara efektif meningkatkan pencernaan yang sehat.

Serat adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tubuh membutuhkan asupan serat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh dan keseimbangan bakteri di usus.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi secara bertahap untuk menghindari efek samping. Seperti yang sering terjadi, yaitu kembung dan gas berlebih.

Dianjurkan untuk mengamati asupan serat harian dalam jumlah 28 gram (g) dengan variasi tergantung usia dan jenis kelamin.

Untuk itu, serat dapat diperoleh dari beberapa jenis sumber makanan, seperti sayuran, biji-bijian dan buah-buahan dengan kandungan serat yang tinggi. 

BACA JUGA:Cocok untuk Wanita Karir! 5 Bahan Makanan Kaya Serat yang Ampuh Usir Perut Buncit, Tersedia di Warung Terdekat

BACA JUGA:8 Makanan Tinggi Serat untuk Diet, Baik untuk Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Makanan dengan kandungan serat tinggi

Kamu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari. Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan berserat tinggi yang baik untuk pencernaan:

1. Kuaci

Kuaci atau biji bunga matahari merupakan salah satu contoh makanan dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain kandungan seratnya yang tinggi, kouachi mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk tubuh, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan zat besi.

100 gram biji bunga matahari mengandung 9 gram serat.

2. Bayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: