Hobi Berenang Bikin Badan Langsing! Begini Alasan Berenang Efektif Bakar Kalori

Hobi Berenang Bikin Badan Langsing! Begini Alasan Berenang Efektif Bakar Kalori

Ilustrasi Berenang Bikin Badan Langsing.-drobotdean/freepik.com-

Dari mulai otot tubuh bagian atas, otot perut, otot punggung, sampai otot kaki. Saat otot mulai bekerja maka akan membutuhkan energi.

Dan energi ini diperoleh dari proses pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Begitupun energi yang dibutuhkan saat berenang.

Jadi meskipun terlihat tidak berkeringat akibat panas tubuh yang keluar, saat berenang tubuh tetap menggunakan banyak energi.

Padahal kalori yang terbakar saat berenang terbilang cukup banyak. Dalam waktu 1 jam berenang, dapat membakar 500-900 kalori. Banyak sedikitnya kalori terbakar saat berenang juga dipengaruhi oleh berat badan dan teknik saat berenang.

BACA JUGA:Camilan Yummy Rendah kalori! Inilah Menu Camilan Rendah Kalori yang Cocok Dimakan Pada Malam Hari, Cobain Kuy

BACA JUGA:Daftar Sayuran Diet Rendah Kalori yang Terjangkau, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan secara Drastis

Kamu mungkin tidak sadar sudah mengeluarkan banyak energi saat berenang karena berenang tidak membuat tubuh merasa cepat lelah.

Daya apung yang diberikan oleh air membuat beban tubuh saat bergerak di dalam air menjadi lebih ringan. Hal ini karena air dapat menahan gaya gravitasi sehingga massa tubuh terasa lebih ringan dan kita lebih mudah untuk bergerak.

Efek berenang ini membuat berenang menjadi olahraga yang lebih minim resiko cedera. Sehingga aman untuk dilakukan setiap hari.

Berbeda dengan olahraga lain seperti angkat beban yang dianjurkan untuk diselingi dengan waktu istirahat agar tidak menimbulkan cedera.

Aktivitas berenang sekaligus melatih kekuatan otot dan juga meningkatkan masa otot. Karena alasan inilah selain dapat membakar lemak lebih banyak, berenang juga dapat membentuk tubuh jadi lebih ramping dan langsing.

Menghilangkan penumpukan lemak yang menyebabkan area perut buncit atau bergelambir dengan cara membentuk membakarnya, dan juga massa otot lebih banyak.

Penambahan massa otot akan menghambat resiko berat badan naik kembali.

Itu tadi alasan mengapa berenang bisa jadi olahraga yang ampuh menurunkan berat badan. Jadi tidak ada lagi alasan malas berolahraga karena bikin capek dan berkeringat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: