Inilah Cara Menjaga Kesehatan Sendi agar Nyaman Bergerak Sampai Tua, Tulang Tetap Aman sampai Lansia

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Sendi agar Nyaman Bergerak Sampai Tua, Tulang Tetap Aman sampai Lansia

Cara Menjaga Kesehatan Sendi --freepik.com/freepik

Merokok merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

Sebab, selain meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit paru-paru, dan kanker, merokok juga dapat memengaruhi kesehatan persendian tubuh.

Jadi, berhenti merokok adalah salah satu caranya, kamu bisa mulai berolahraga untuk menjaga kesehatan sendi dan tubuh secara keseluruhan.

3. Pantau berat badan ideal

Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan sendi yang optimal, penting bagimu untuk menjaga berat badan ideal.

Hal ini karena kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan stres pada persendian, terutama persendian yang digunakan untuk menjaga berat badan, seperti persendian lutut dan persendian kaki.

Akibatnya, persendian akan mudah melemah. Dengan mempertahankan berat badan yang ideal, beban pada persendian akan berkurang, sehingga persendian menjadi lebih lentur dan tahan lama.

4. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang tidak tepat, seperti sering membungkuk, dapat menyebabkan kerusakan sendi tubuh lebih cepat.

Selain itu, kebiasaan mengangkat benda berat atau sering melakukan gerakan berulang juga dapat merusak persendian seiring berjalannya waktu. Kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh rawan mengalami nyeri punggung atau lutut.

Oleh karena itu, biasakan untuk duduk dan berdiri dalam posisi tegak, serta istirahat saat tubuh mulai lelah setelah melakukan aktivitas fisik.

5. Penuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium

Vitamin D dan kalsium merupakan 2 jenis nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan persendian.

Diketahui bahwa kekurangan kedua nutrisi dalam makanan menyebabkan osteoporosis.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh, kamu bisa rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi, hingga tepat pukul 9 pagi, atau mengonsumsi suplemen vitamin D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: