Sama-Sama Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ini Perbedaan Aerobik dan Zumba, Mana yang Lebih Efektif?

Sama-Sama Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ini Perbedaan Aerobik dan Zumba, Mana yang Lebih Efektif?

Ilustrasi Perbedaan Aerobik dan Zumba sebagai Olahraga Penurun Berat Badan.-Freepik.com-

Pada zumba, terdapat beberapa bagian yang melibatkan irama gerakan dansa.

Jadi, jika fokus senam aerobik adalah melatih otot untuk membakar lemak, pada zumba juga bertujuan untuk melenturkan otot dengan beberapa gerakan gemulai seperti pada gerakan dansa.

Karena melibatkan beberapa gerakan seperti dansa, umumnyaa zumba menggunakan irama musik latin untuk mengiringinya.

Selain itu, zumba juga mengombinasikan antara gerakan cepat, dan lambatnya sesuai irama. Pada beberapa bagian, zumba memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari senam aerobik.

Terdapat beberapa gerakan zumba yang lebih banyak menggunakan kekuatan dan menguras energi dengan gerakan yang lebih berat dan rumit.

Di antara gerakan pada zumba seperti, dumbbel squat, sit up, push up, dan gerakan lain yang menggunakan tambahan beban seperti dumbbel.

BACA JUGA:Praktis Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Jenis Latihan Angkat Beban Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! 5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Latihan Angkat Beban agar Terhindar dari Cedera

Mana Yang Lebih Banyak Membakar Lemak, antara Senam Aerobik dan Zumba?

Antara senam aerobik dan zumba, sama-sama ampuh membakar lemak. Namun, memang ada selisih kalori yang di bakar antara ke duanya.

Dikutip dari hellosehat.com, dalam waktu sekitar 60 menit, zumba dapat membakar sekitar 570-632 kalori. Sedangkan pada senam aerobik, dalam waktu 60 menit, dapat membakar hingga 574 kalori.

Jumlah ini, bisa saja tidak sama tiap individu. Karena dapat dipengaruhi dari beberapa faktor seperti berat badan, dan ketepatan gerakan yang dilakukan.

Terlihat dari jumlah kalori terbakar, zumba akan lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Namun perlu diingat zumba pun memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada senam aerobik.

Masing-masing juga memiliki keunikan dan keunggulannya sendiri.

Jadi, pastikan memilih jenis olahraga tidak hanya dari seberapa paling cepat membakar kalori. Tapi sesuaikan juga dengan kondisi, dan kemampuan tubuh masing-masing.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: