8 Efek Samping Daun Genjer, Ibu Hamil dan Penderita Asam Urat Perhatikan Ini

8 Efek Samping Daun Genjer, Ibu Hamil dan Penderita Asam Urat Perhatikan Ini

Selain kaya manfaat untuk kesehatan, daun genjer juga memiliki efek samping bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu.-Hadi Waluyo-

Daun genjer dapat menyebabkan efek samping lain seperti sakit kepala, pusing, mual, atau muntah. Namun, efek ini tidak selalu terjadi pada setiap orang yang mengonsumsi daun genjer.

5. Interaksi obat 

Daun genjer dapat meningkatkan efek dari obat antikoagulan seperti warfarin dan aspirin, sehingga dapat meningkatkan risiko perdarahan. Genjer juga dapat mengurangi efek dari obat diabetes dan obat antihipertensi.

6. Efek pada kehamilan 

Ibu hamil sebaiknya menghindari daun genjer, sebab genjer dapat menyebabkan kontraksi uterus. Jika kontraksi ini terjadi maka bisa menyebabkan keguguran. 

7. Meningkatkan kadar asam urat

Bagi penderita asam urat, hindari makan daun genjer. Karena kandungan purin di dalam daun genjer cukup tinggi untuk dapat meningkatkan asam urat.

Baca juga:Daun Pepaya Ternyata Bisa untuk Obat Demam Berdarah, Jadikan Kulit Awet Muda Hingga Penyubur Rambut Alami

8. Dapat membawa parasit

Daun genjer banyak ditemui di area persawahan. Sehingga dengan habitatnya itu berpotensi bisa membawa telur parasit apabila tidak diperhatikan kebersihannya. Untuk itu, pastikan cuci dengan bersih dan memasaknya hingga benar-benar matang sebelum mengonsumsinya. 

Itulah delapan efek samping daun genjer. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: