Apa Saja Makanan Penurun Kolesterol? Berikut Ini 10 Daftar Makanan yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Apa Saja Makanan Penurun Kolesterol? Berikut Ini 10 Daftar Makanan yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Ilustrasi daftar makanan penurun kolesterol.-azerbaijan_stock/Freepik.com -

2. Gandum

Olahan gandum seperti oat, dan sereal juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Cara kerjanya yaitu dengan mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang kemudian disalurkan ke usus halus untuk memecah lemak.

BACA JUGA:Inilah 8 Makanan yang Menyehatkan Jantung, Pembunuh Kolesterol Jahat Terbaik

BACA JUGA:Yakin Mau Kurus? Yuk Hindari 5 Kebiasaan Kurang Sehat yang Memicu Obesitas dan Kolesterol Tinggi Berikut Ini

3. Seledri 

Daun seledri mengandung antioksidan tinggi yang dapat mempertahankan kandungan kolesterol baik atau LDL dalam darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau HDL.

Seledri biasa dijadikan pendamping masakan seperti campuran sup, menu tumis sayuran, atau sering juga dikonsumsi dalam bentuk jus.

4. Kedelai

Kedelai dan juga olahannya seperti tempe, tahu, dan susu kedelai termasuk ke dalam makanan yang ampuh menurunkan kolesterol.

Hal ini karena di dalam kedelai terdapat kandungan isoflavon yang salah satunya berfungsi untuk menurunkan kadar kolsterol jahat.

5. Kacang-kacangan

Bagi penderita kolesterol, jenis kacang-kacangan cocok menjadi pilihan cemilan sehat karena dapat menurunkan kolesterol.

Kandungan pada kacang almond, kacang mede, kacang kenari tidak hanya cocok menjadi olahan cemilan tetapi juga dapat menjadi alternatif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

BACA JUGA:6 Manfaat Konsumsi Kacang Almond Tiap Hari, Kaya Vitamin E Bagus untuk Kesehatan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: