Jarang Ada yang Tahu, Inilah Manfaat Vitamin K2 untuk Kesehatan Tulang, Dapat Menguatkan Tulang Lansia

Jarang Ada yang Tahu, Inilah Manfaat Vitamin K2 untuk Kesehatan Tulang, Dapat Menguatkan Tulang Lansia

Manfaat Vitamin K2 untuk Kesehatan Tulang--freepik.com/DCStudio

Beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa peran vitamin K1 dan K2 sangat berbeda, dan banyak yang percaya bahwa kedua jenis vitamin K tersebut harus diklasifikasikan sebagai nutrisi yang terpisah.

Penelitian pada manusia yang terkontrol juga menunjukkan bahwa suplemen vitamin K2 secara umum dapat meningkatkan kesehatan tulang dan jantung, sedangkan vitamin K1 tidak memberikan manfaat yang signifikan.

Meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis

Osteoporosis, yang biasa disebut sebagai "pengeroposan tulang" , merupakan masalah umum di hampir semua negara.

Hal ini terutama terjadi pada wanita lanjut usia yang memiliki risiko patah tulang yang tinggi.

Metabolisme Kalsium

Seperti disebutkan di atas, vitamin K2 berperan sentral dalam metabolisme kalsium, yang merupakan mineral utama yang terdapat pada tulang dan gigi. 

Vitamin K2 mengaktifkan aksi pengikatan kalsium dari dua protein, GLA dan osteocalcin, yang membantu membangun dan memelihara tulang.

Menariknya, ada juga bukti substansial dalam studi terkontrol bahwa vitamin K2 dapat membawa manfaat besar bagi kesehatan tulang. 

Sebuah studi tiga tahun yang melibatkan 244 wanita pascamenopause menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin K2 mengalami penurunan kepadatan mineral tulang yang lebih lambat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi vitamin K2.

Tujuh penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin K2 mengurangi risiko patah tulang belakang hingga 60%, patah tulang pinggul hingga 77% , dan semua patah tulang non-tulang belakang hingga 81%.

BACA JUGA:Jaga Tulang dan Sendi! Berikut Rekomendasi Vitamin Kalsium untuk Menjaga Kesehatan Tulang

BACA JUGA:Jaga Tulangmu! Inilah 10 Merk Vitamin Kalsium Terbaik Mampu Jaga Tulang dan Sendi

Cara mendapatkan sumber vitamin K2 yang diperlukan

Beberapa makanan yang tersedia secara luas cenderung menjadi sumber vitamin K1 yang kaya. Beberapa bagian tubuh dapat mengubah vitamin K1 menjadi K2. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: