Apa Saja Penyebab Terjadinya Muntaber yang Bisa Dialami Bayi hingga Lansia? Yuk Cek Penyebabnya di Sini

Apa Saja Penyebab Terjadinya Muntaber yang Bisa Dialami Bayi hingga Lansia? Yuk Cek Penyebabnya di Sini

penyebab terjadinya muntaber-ilustrasi awas muntaber-youtube.com

Traveler's diarrhea adalah gangguan saluran pencernaan yang paling sering disebabkan oleh virus, parasit, atau bakteri yang dikonsumsi dalam air atau makanan.

Kondisi ini paling mungkin terjadi ketika kita mengunjungi area dengan iklim atau sanitasi yang berbeda dengan lingkungan rumah kita.

Gangguan ini biasanya akan sembuh sendiri dalam 2-5 hari. Sedangkan gejala yang paling sering muncul yakni diare encer dengan kram perut yang kadang datang kadang hilang.

Tidak hanya diare encer dan kram saja, dalam beberapa kasus, seseorang yang mengalami muntaber karena ini akan mengalami mual dan muntah, perut kembung, hingga demam.

BACA JUGA:Cegah Osteoporosis Hingga Kolesterol, Inilah 6 Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui!

BACA JUGA:Cegah Osteoporosis ! Inilah 6 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Lansia 65 Tahun ke Atas yang Wajib Diketahui

4. Keracunan Makanan

Penyebab terjadinya muntaber yang selanjutnya ialah keracunan hingga alergi makanan. Keracunan maupun alergi makanan ini adalah infeksi di usus yang disebabkan oleh bakteri.

Untuk keracunan makanan sendiri, biasanya diakibatkan seseorang yang mengonsumsi makanan yang terlah tekontaminasi bakteri atau kuman yang menyebabkan muntaber.

Kondisi ini bisa terjadi di manan saji, baik itu rumah makan yang tidak bersih, ataupun ketika makanan tidak diolah atau dimasak dengan benar.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kita kurangi membeli makanan dari luar dan mulai memasak sendiri di rumah dengan bahan-bahan serta alat yang telah dicuci bersih serta pengolahan yang benar.

BACA JUGA:Resep Rahasia! 3 Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin, Aman untuk Remaja Hingga Lansia Uisa 65 Tahun ke Atas

BACA JUGA:Cegah Masuk Angin! Inilah 4 Obat Herbal Masuk Angin yang Aman Dikonsumsi Lansia Usia 65 Tahun ke Atas

5. Makan Berlebihan

Selain karena virus dan bakteri, makan atau minum secara berlebihan juga dapat menyebabkan muntaber. Biasanya kondisi ini akan muncul ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu berminyak, pedas, maupun bergula yang mana dapat mengiritasi perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: