Rembug Gayeng IAP Jateng, Banjir Pantura: Kondisi dan Tantangan

Rembug Gayeng IAP Jateng, Banjir Pantura: Kondisi dan Tantangan

Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Jawa Tengah menginisiasi kegiatan Rembug Gayeng dengan tema “Banjir Pantura: Kondisi dan Tantangan” yang dilakukan secara online pada Sabtu, 6 April 2024. Tampak: Puing-puing bangunan di Dukuh Simonet Desa Semut Kecamatan Won-Hadi Waluyo-

Tidak kalah menarik, tanggapan dari Dr Maria Christina Endarwati (IAP Jawa Timur) mendukung terciptanya integrasi tata ruang dengan kebencanaan dan perubahan iklim sebagai pengurangan risiko bencana dengan slogan “Living Harmony with Disaster”. 

Lain hal dengan Vita Elysia (IAP Banten) yang menyoroti peran IAP untuk mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak dalam penyelesaian permasalahan bencana banjir, yakni dengan perluasan peran antisipatif, perencanaan terintegrasi, keterlibatan masyarakat, serta policy brief.

Tindak lanjut dari kegiatan ini yakni dilakukannya diskusi dengan pihak terkait dalam hal ini pemerintah Provinsi Jawa Tengah sesuai dengan tupoksi kerja dinas, penyusunan road map kebijakan dan role model penanggulangan banjir yang menyeluruh, serta rencana aksi daerah dalam penanggulangan banjir di Provinsi Jawa Tengah dari hulu-hilir penyebab masalah banjir.

Kegiatan Rembug Gayeng oleh IAP Jawa Tengah sebagai organisasi profesi di bidang perencanaan wilayah dan kota ini harapannya dapat memberikan kontribusi kepada kemajuan dunia perencanaan khususnya di Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: