Inilah Kyai Pekalongan yang Menjadi Guru dari Muammar ZA, Qori' Indonesia yang Mendunia

Inilah Kyai Pekalongan yang Menjadi Guru dari Muammar ZA, Qori' Indonesia yang Mendunia

KH. Muammar ZA, qori' Internasional-easystudyschool-

Tahun itu beliau nyantri di Pondok Al-Qur'an Kiai Sholeh Makmun, Serang, Banten. Pondok yang terkenal melahirkan qori'-qori' besar tersebut saat itu diasuh oleh KH. Tubagus Soleh.

BACA JUGA:Inilah Sosok Guru Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan yang Alim dan Memiliki Banyak Karomah

Setelah beberapa tahun di Banten, pada sekitar tahun 1961an Kyai Abdul Latief melanjutkan pengembaraan ilmunya ke salah satu pondok di Buntet Cirebon di bawah asuhan Kyai Akyas Abdul Jamil.

Mendirikan Majelis untuk Para Calon Qori'

Sepulangnya dari pondok, Kyai Abdul Latief aktif menyebarkan ilmunya ke beberapa pondok, majelis, ataupun masjid di sekitar Pekalongan.

Sampai pada sekitar tahun 1970, Kyai Abdul Latief memutuskan untuk mendirikan majelis yang saat itu diberi nama  "Jam'iyyatul Qurra' Kradenan", yang artinya perkumpulan para qori' atau pembaca Al-Qur'an dengan seni yang indah di Kradenan. Nama Kradenan diambil dari nama kelurahan tempat majelis itu berada.

BACA JUGA:Jejak Sejarah Pekalongan: Habib Abu Bakar bin Thoha bin Yahya Kayugeritan, Wali Besar Sekaligus Juru Damai

BACA JUGA:Jejak Sejarah Wali di Pekalongan, Inilah 3 Makam Wali Besar di Makam Sapuro

Majelis tersebut berkembang sangat pesat, ribuan qori' datang pada Kyai Abdul Latief untuk menimba ilmu tilawah, banyak dari santri beliau yang kelak menjadi maestro dalam bidang ilmu tilawah.

Di antaranya adalah KH. Muammar ZA, maestro qori' yang terkenal seantero Nusantara bahkan Internasional itu pernah menimba ilmu pada KH. Abdul Latief Kradenan.

Bersama ribuan santri lainnya dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya, KH. Muammar Zainal Asyikin atau biasa disingkat ZA ikut belajar di Majeli Jam'iyyatul Qurra' Kradenan.

Kealiman dan keahlian kyai Pekalongan yang menjadi guru dari Muammar ZA itu sudah tidak perlu diragukan lagi, buktinya sudah banyak qori' hasil didikan beliau yang terkenal.

BACA JUGA:Tentang Ratibul Kubro dan Nasehat Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan untuk Para Pembaca Ratib

Itulah KH. Abdul Latief Kradenan, sosok kyai Pekalongan yang menjadi guru dari Muammar ZA, qori' internasional bersuara emas. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: