4 Jenis Minyak Goreng yang Menyehatkan dan Kaya Gizi, Layak Dikonsumsi dan Aman untuk Lansia 60 Tahun ke Atas!

4 Jenis Minyak Goreng yang Menyehatkan dan Kaya Gizi, Layak Dikonsumsi dan Aman untuk Lansia 60 Tahun ke Atas!

jenis minyak goreng yang menyehatkan dan kaya gizi-ilustrasi jenis minyak goreng yang menyehatkan dan kaya gizi-freepik.com

Sudah dikenal sejak lama bahwa minyak zaitu ini merupakan salah minyak yang menyehatkan karena hampir 75% mengandung asam lemak tunggal atau tak jenuh yang cukup tinggi.

Lemak tak jenuh ini merupakan lemak sehat yang mana memang dibutuhkan untuk tubuh. Selain itu, lemak ini juga tidak menyebabkan kegemukan.

Adapun jenis lemak tak jenuh yang ada di minyak goreng zaitun ini diantaranya adalah asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat.

BACA JUGA:Grastis, Hanya1 Bahan! Cara Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama Tidak Cepat Basi Dengan Garam Dapur dan Air Panas

BACA JUGA:Kitchen Hack! Inilah 3 Cara Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama Tanpa Kulkas yang Aman, Mudah, dan Sederhana

Asam oleat ini merupakan asam lemak omega 9 yang digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan penyakit lainnya.

Sementara asam linoleat adalah  salah satu jenis asam lemak essensial omega 6 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, kulit, hingga rambut. Sedangkan pada  janin, kandungan ini sangat penting dalam tumbuh kembang otaknya.

Sedangkan asam linolenat sendiri merupakan kandungan yang dapat memgurangi risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh gangguan saraf kognitif seperti Alzheimer.

Selain mengandung ketiga jenis asam di atas, minyak zaitu ini juga kaya akan vitamin E dan polifenol yang bekerja sama sebagai antioksidan yang dapat memperkuat daya imun agar dapat melawan paapran radikal bebas penyebab berbagi penyakit.

BACA JUGA:Mau Tahu Tips Menyimpan Pakaian di Lemari Saat Musim Hujan? Simak 5 Tips Menyimpannya Agar Bebas dari Jamur!

BACA JUGA:4 Tips Aman Menyimpan Kuas Makeup Ketika Dibawa Liburan Agar Tidak Mudah Rusak, Rapi, dan Bersih!

2. Minyak Kedelai

Selain minyak zaitun, kalian bisa memanfaatkan minyak kedelai untuk memasak makanan.

Minyak kedelai ini dipernyaa menjadi minyak yang menyehatkan dikarenakan minyak ini memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak linoleat dan linolenat yang dapat menyehatkan tubuh, terutama untuk lansia usia 60 tahun ke atas.

Tidak hanya itu saja, minyak ini juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi yang dapat menjaga kesehatan tulang dan otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: