225 Masyarakat Ikuti Napak Tilas Telusuri Jejak Sejarah Perjuangan Masyarakat Tulis

225 Masyarakat Ikuti Napak Tilas Telusuri Jejak Sejarah Perjuangan Masyarakat Tulis

225 Masyarakat Ikuti Napak Tilas Telusuri Jejak Sejarah Perjuangan Masyarakat Tulis -IST-IST

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 225 masyarakat BATANG dan sekitarnya dari lintas profesi mengikuti Napak Tilas VII Perjuangan Rakyat Tulis, 1 Juni 2024. 

Napak Tilas ini menelusuri sejumlah titik sejarah di Batang, salah satunya monument perjuangan Rakyat Tulis dan tugu juang di Makam Simbang Desa. Dimana dalam sejarahnya monument tersebut dididirikan untuk mengenang perjuangan pada pertempuran melawan penjajah di Jembatan Sasak desa Simbang Desa di Sungai Kaliboyo. 

Kegiatan ini digelar Dewan Harian Cabang Badang Penerus Kejuangan ’45 (DHC BPK ’45) Kab. Batang dan Racika Palm Batang. Dimana untuk peserta termuda berusia 6,5 tahun dan tertua usia 82 tahun. Kegiatan ini dimulai pada 1-2 Juni, dengan rute dari Pendopo Kecamatan Tulis - Monumen Alutsista - Pendopo Kab. Batang

BACA JUGA:Tempatnya Asik untuk Nongkrong! 5 Coffee Shop Di Pesisir Pantai Batang Ini Bisa Kamu Kunjungi, Menunya Murah!

"Jumlah peserta 225 orang yang berasal dari Jakarta, Bogor, Kerawang, Brebes, Banjarnegara, Magelang, Pekalongan, Demak, Jepara termasuk dari Batang," jelas Ketua DHC BPK ’45, Soetadi saat diwawancarai usai kegiatan di Pendopo Kabupaten Batang, 2 Juni 2024. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ternyata Ada 5 Air Terjun Di Batang yang Masih Alami, Cocok untuk Menikmati Akhir Pekan!

Dijelaskannya, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ( 1 Juni) dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni). Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penghayatan akan perjuangan rakyat Tulis khususnya dan perjuangan Batang umumnya. Serta menumbuhkembangkan Jiwa Semangat dan nilai-nilai kejuangan ’45 bagi generasi sekarang dan persatuan lintas generasi. 

"Kami juga berharap kegiatan ini bisa mendukung pelestarian lingkungan hidup, karena kami juga ada kegiatan penanaman mangrove di Kawasan Pantai Sigandu .Dan juga bisa mengenalkan potensi wisata Kabupaten Batang," harapnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan