Dukung Peningkatan Konsumsi Ikan, Kader PKK di Pekalongan Ikuti Lomba Kreasi Olahan Ikan

Dukung Peningkatan Konsumsi Ikan, Kader PKK di Pekalongan Ikuti Lomba Kreasi Olahan Ikan

Puluhan kader PKK Kelurahan se- Kota Pekalongan ikuti lomba kreasi Olahan Ikan.-FOTO-Dok.

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Mendukung peningkatan konsumsi ikan di Kota Pekalongan, seluruh kader TP PKK Kelurahan se-Kota Pekalongan mengikuti lomba kreasi olahan ikan, di Technopark, Kota Pekalongan, Kamis (20/6/2024).

BACA JUGA:Kader PKK Kota Pekalongan Diajak Bikin Jamu Kekinian dari Berbagai Jenis Tanaman Obat

Dalam kegiatan kali ini ikan bandeng menjadi  bahan baku utama dalam lomba kreasi olahan ikan menjadi aneka menu yang menggugah selera.

Kegiatan yang dihadiri Bunda Gemari Kota Pekalongan, Inggit Soraya, mengatakan bahwa lomba yang digelar oleh TP PKK sinergi dengan DKP Kota Pekalongan ini disambut baik oleh peserta dari 27 kelurahan di Kota Pekalongan. 

BACA JUGA:Tekan Stunting, TP PKK Kabupaten Pekalongan dan Dinkes Gelorakan Gerlap Anting

Inggit melihat, semangat peserta nampak dari plating dan kreasi menu olahan ikan yang sangat cantik dan menarik ini.

Dikenal mengandung kandungan gizi yang tinggi yakni bahan makanan yang mengandung kombinasi antara zat mikro seperti protein, karbohidrat dan lemak serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

Disini Inggit juga menegaskan kepada para peserta agar mengolah menu ikan dengan baik agar kandungan tersebut masih terjaga di dalam makanan tersebut.

BACA JUGA:Keseruan Ibu-ibu PKK di Kota Pekalongan Ikut Pelatihan Pengolahan Ikan, Jadi Aneka Menu yang Menarik

“Penanganan ikan mulai dari pasca panen, penyimpanan dan pengolahan harus dilakukan dengan baik sehingga mutu dan gizi ikan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh masyarakat,” jelas dia.

Selain itu penting untuk memperhatikan cara pengolahan, peserta juga diajak untuk membuat olahan pangan yang memiliki cita rasa baru agar masyarakat baik usia dewasa maupun anak yang tidak suka aroma dan rasa amis ikan bisa mengkonsumsi olahan tersebut.

BACA JUGA:Jalin Silaturahmi, TP PKK Kota Pekalongan Gelar Halal Bihalal

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini Inggit berharap dapat meningkatan kemampuan dan keterampilan kader PKK di tingkat kecamatan dan kelurahan dalam penanganan dan pengolahan ikan secara baik, menambah diversifikasi olahan pangan sehingga minat masyarakat khususnya anak-anak dalam mengkonsumsi ikan dan mencegah dan menangani stunting di Kota Pekalongan.

Adapun diakhir terpilih juara I lomba kreasi olahan ikan ini disabet oleh Kelurahan Noyontaansari, juara II oleh Kelurahan Kuripan Yosorejo dan Kelurahan Medono meraih juara III. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: