Fasilitas Daur Ulang Sampah Raksasa Siap Dibangun di Kendal

Fasilitas Daur Ulang Sampah Raksasa Siap Dibangun di Kendal

NOTA KESEPAHAMAN - Bupati Dico M Ganinduto didampingi Sekda Kendal Sugiono menunjukkan dokumen MoU untuk investasi pembangunan fasilitas daur ulang sampah plastik di Kendal. -red/sef-

Investasi fasiitas daur ulang sampah plastik ini dikatakan Bupati akan menangani pengelolaan sampah plastik di Kabupaten Kendal dan sekitarnya. 

 

Adapun hasil dari daur ulang tersebut adalah berupa pellet atau biji plastik yang akan diekspor, sehingga menambah pendapatan devisa negara.

 

"Hal ini tentunya memberikan dampak signifikan terhadap upaya penerapan circular economy dalam pengelolaan industri di Kabupaten Kendal, dan menjadikan Kendal sebagai pusat industri di Jawa Tengah yang mengedepankan konsep industri hijau dengan prinsip menggunakan sumber daya alam yang efisien, dapat digunakan ulang, ramah lingkungan dan berkelanjutan," jelas Bupati Dico.

 

Menurut dia, pilihan investasi daur ulang sampah plastik ini relevan mengingat sampah plastik ini menjadi salah satu isu serius di Indonesia terkait lingkungan. Pun tingkat keparahannya berpotensi meningkat.

 

"Di sisi lain, infrastruktur fasilitas daur ulang sampah plastik di Indonesia juga relatif minim, sehingga tingkat daur ulang sampah dalam upaya penerapan ekonomi sirkular di Indonesia dinilai masih rendah.

 

Sustainable Waste Indonesia (SWI) dalam laporannya pada 2022 menyebutkan, tingkat daur ulang (recycle rate) sampah plastik di Indonesia baru menyentuh angka 7%. 

 

“Maka, melalui kerjasama ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal akan terus mengedukasi dan mendorong peran aktif masyarakat untuk bekerja sama dengan BUMDes melakukan tata kelola sampah," ujar Bupati. (red/sef)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: