100 Pelaku UMKM di Kabupaten Pekalongan Dilatih Kewirausahaan

100 Pelaku UMKM di Kabupaten Pekalongan Dilatih Kewirausahaan

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN: Sebanyak 100 pelaku UMKM di Kabupaten Pekalongan ikuti pelatihan kewirausahaan.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Pemkab Pekalongan bekerja sama dengan salah satu perusahaan retail nasional menggelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri untuk UMKM di Aula Setda Pemkab Pekalongan, baru-baru ini.

 

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Wahyu Kuncoro. Wahyu mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar pendorong perekonomian secara nasional dan regional. Hal ini disebutnya dapat dilihat dari kontribusi UMKM terhadap PDRB Nasional yakni sebesar 56 % pada tahun 2022.

 

“Pelatihan ini diprioritaskan bagi pelaku UMKM yang merupakan upaya kita bersama utamanya bagi produk kuliner lokal agar bisa masuk di toko-toko modern,” katanya.

 

Menurutnya, ada standar minimum dimana suatu produk bisa masuk di gerai-gerai toko modern. Untuk itu katanya, dilperlukan pelatihan-pelatihan agar produk mereka memenuhi standar yang dibutuhkan.

 

“Dalam pelatihan ini juga pelaku UMKM diberi bantuan timbangan digital agar produk yang dibuat tepat ukuran, juga bantuan berupa dua gerobak bagi peserta yang beruntung,” ujar Wahyu.

 

“Kita tentunya tidak hanya ingin melihat jajanan yang dipasang di gerai toko modern berasal dari luar, akan tetapi juga produk lokal yang layak agar bisa ikut masuk sehingga UMKM akan semakin meningkat dari sisi ekonomi,” paparnya.

 

Dengan pelatihan ini diharapkan UMKM lokal bisa lebih mempunyai daya saing apalagi dalam pelatihan ini mengundang dari halal center sehingga produk yang dihasilkan akan lebih terjamin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: