Sering Nyeri Dada dan Mudah Lelah, Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi, Ini 7 Tandanya

Sering Nyeri Dada dan Mudah Lelah, Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi, Ini 7 Tandanya

Ilustrasi cek kadar kolesterol-Tangkapan layar freepik.com-

4. Nyeri kaki 

Tak hanya nyeri dada, rasa nyeri kaki juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi lainnya. Karena adanya penumpukan plak pada pembuluh darah di kaki.

5. Tengkuk terasa pegal-pegal 

Prof HM Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Ramuan Herbal Penurun Kolesterol (2008), menyatakan tengkuk terasa pegal-pegal bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Kondisi ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. 

6. Terjadi xanthomata dan atau xantgelasma

Xanthomata atau penumpukan kolesterol yang terlihat dalam jaringan tubuh, terutama dalam kulit dan urat bisa jadi tanda kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi dalam darah juga dapat ditandai dengan xantgelasma, yakni bercak-bercak kuning di bawah kelopak mata. 

7. Muncul gumpalan di urat 

Bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena faktor genetik, penumpukan kolesterol kadang terlihat di kulit seperti gumpalan separuh biji kacang yang bisa dilihat dan dirasakan pada urat dekat buku jari. 

Baca lagi:Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini 6 Manfaat Jeruk Nipis Campur Serai

Kolesterol tinggi tidak memiliki gejala yang spesifik, bahkan bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali, maka tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui secara apasti apakah kadar kolesterol dalam darah normal atau tidak. Apabila saat tes darah, kadar kolesterol darah total diketahui berada di atas 240 miligram per desiliter (mg/dL), maka didiagnosis mengidap kolesterol tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: