Nggak Perlu Khawatir, Tips Solo Travelling untuk Pemula, Dijamin Anti Ribet

Nggak Perlu Khawatir, Tips Solo Travelling untuk Pemula, Dijamin Anti Ribet

tips solo traveling untuk pemula-SplitShire-pixabay

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Kata siapa travelling harus ramai-ramai, kalian juga bisa kok melakukan solo travelling yang mengasyikkan. Tapi khusus bagi yang belum pernah, tips solo travelling untuk pemula ini perlu juga disimak agar perjalananmu tetap seru dan anti ribet.

Siapa bilang jalan-jalan sendirian itu membosankan? Menjadi solo traveler ada asyiknya juga, lho.

Kamu tidak perlu berkompromi untuk menentukan destinasi atau mencocokkan waktu antar individu menjadi keutamaannya. Nah apakah kamu tertarik untuk mencoba? Yuk, pelajari tips solo travelling versi Radar Pekalongan Disway berikut.

Tips Solo Travelling

Dengan menjadi solo traveller, kamu juga bisa mengetahui kemampuan dirimu  untuk mengatasi segala rintangan yang terjadi saat di perjalanan sendiri. Berikut beberapa poin yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan solo traveling, catat ya!

1. Pastikan Akomodasi Aman

Sebagai solo traveller, permasalahan pertama yang harus disiapkan adalah akomodasi atau tempat penginapan yang aman dan nyaman. Lain halnya jika kamu bepergian dengan beberapa teman atau dengan pasangan. Liburan sendiri membutuhkan keamanan ekstra, lho.

BACA JUGA:Penting Dicatat! Beberapa Tips Mengunjungi Malioboro Jogjakarta Agar Liburan Anda Semakin Berkesan

BACA JUGA:Anti Bosan! Berikut 11 Tips Liburan Agar Tidak Membosankan, Dijamin Liburan Lebih Menyenangkan

Pilih penginapan dengan review yang baik, ya. Pastikan lokasi penginapan juga kondusif untuk kamu yang ingin berjalan kemana-mana seorang diri.

2. Persiapan Rencana Perjalanan

Walaupun kamu bepergian sebagai solo traveler, bukan berarti bebas kemana pun semaunya tanpa ada persiapan ya. Tips solo traveling selanjutnya, kamu perlu menyusun beberapa destinasi perjalanan (itinerary).

Hal ini terbilang sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai nanti saat kamu sudah tiba di daerah tujuan malah bingung ingin kemana. Duh jangan sampe ya!

Jika kamu tampak bingung saat sendirian di daerah yang asing, hal ini akan berisiko terjadi tindakan kriminal. Jadi, kamu perlu menyusun itinerary sebaik mungkin, ya.

BACA JUGA:Catat Nih! 10 Tips Mengunjungi Candi Borobudur Agar Liburan Lebih Menyenangkan

BACA JUGA:Asyik, Bisa Liburan ke Mana Aja Pakai Dana Talangan Traveloka Paylater, Begini Caranya!

3. Cari Tahu Akses Transportasi

Untuk berpindah dari satu destinasi ke tempat lainnya kamu sangat memerlukan moda transportasi yang efisien. Maka dari itu, kamu juga perlu mencari tahu transportasi umum yang mudah dijangkau dan diandalkan.

Jika kamu akan menggunakan bus atau MRT, kamu juga perlu mngetahui jadwal keberangkatan setiap harinya. Begitu juga batas jam operasional jika memang ada. Catat semua di buku catatan kecil agar tidak ada info yang terlewat.

4. Bawa Obat-obatan

Pergi ke tempat yang belum dikunjungi sebelumnya, memang butuh nyali yang tinggi. Apalagi jika ke luar negeri sendiri, bukan?

Tidak ada yang bisa mengatasi masalah kesehatan saat dalam perjalanan selain diri sendiri. Maka dari itu, sangat penting untuk membawalah perbekalan obat-obatan selengkap mungkin. Mulai dari vitamin, obat pusing, krim pereda nyeri, sampai parasetamol.

BACA JUGA:Penasaran Sama Kuliner Kendal? Berikut Wisata Kuliner Hits di Kendal bulan September 2023

BACA JUGA:Cocok Nih Buat Anak Senja! Destinasi Wisata Pantai Kendal yang Cocok Buat Berburu Sunset

Bagi kamu yang memiliki riwayat alergi, jangan sampai lupa membawa obat antihistamin, ya.

5. Gunakan Fitur Morning Call

Tips solo travelling ini sering kali terlupakan, lho! Kalau kamu termasuk orang yang sulit bangun pagi, waktunya untuk menggunakan fasilitas morning call di hotel.

Apalagi jika ingin mengejar atraksi wisata yang memang mengharuskan bangun pagi. Kamu perlu bersiap-siap eksplor daerah tujuan muali dari pagi hari agar bisa memaksimalkan waktu saat berlibur sendiri.

6. Interaksi dengan Penduduk Lokal

Saat menjadi solo traveller, pasti tidak punya pasangan untuk berbagi cerita. Nah, ini saatnya untuk mendekatkan diri dengan penduduk lokal.

BACA JUGA:Kolam Pemandian Air Panas di Wisata Promas Greenland Limbangan, Wisata Populer di Kendal Tahun 2023

BACA JUGA:Kamu Wajib Coba! 4 Spot Menarik di River Walk Boja, Wisata Terhits di Kabupaten Kendal

Bersikaplah hangat dan ramah dengan orang sekitar, ya. Dengan seperti itu, kamu akan mudah diterima. Bahkan tidak jarang mereka akan membantu jika kita mengalami kesulitan.

Kamu juga bisa berbagi cerita seputar kebudayaan dan gaya hidup penduduk lokal. Ini dapat menjadi pengetahuan baru yang bisa kamu perolah dan nantinya bisa dibagikan kepada keluarga atau sahabat nantinya.

7. Bawa Uang Lebih

Jika kamu ingin melakukan kegiatan solo travelling, kamu perlu kesiapan dalam mengatasi masalah apapun dalam perjalanan sendirian. Untuk itu, bawalah uang ekstra untuk sekedar berjaga-jaga.

Sebenarnya bisa saja kamu membawa uang pas dan liburan dengan gaya backpacker. Tapi kita tidak akan mengetahui hal apa yang akan terjadi, kan?

BACA JUGA:Viewnya Kece Abis, 3 Destinasi Wisata di Sekitar Sikembang Glamping, Sayang Untuk Dilewatkan

BACA JUGA:Akhir Pekan Bingung Mau Kemana, Inilah 5 Wisata Murah dan Hits di Kota Semarang yang Bisa Kamu Kunjungi!

Bawalah uang tunai secukupnya, sisanya kamu bisa mengalihkannya di ATM atau menggunakan kartu kredit.

8. Jangan Lupa Dokumentasi

Karena pergi sendirian, jangan sampai melupakan sesi dokumentasi, ya. Tips solo travelling ini juga berlaku untuk melakukan perjalanan sendirian ataupun bersama teman-teman.

Abadikan setiap momen saat liburan nanti, terutama di tempat yang begitu ikonik. Jika kamu sulit mengambil foto sendiri, kamu bisa meminta bantuan orang lain atau wisatawan lain tanpa rasa sungkan, ya.

9. Mencicipi Kuliner Makanan Khas

Asyik liburan dan berfoto-foto sering kali melupakan untuk mencicipi makanan khas suatu tempat. Nah, kamu juga bisa mencoba berbagai makanan yang terkenal di tempat tersebut.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Pantai Hits di Kabupaten Batang, Wisata Penuh Kenangan dan Mengesankan

BACA JUGA:7 Wisata Malam di Jogja yang Syahdu Buat Nostalgia Awal Pacaran

Misalnya saja di Jawa Tengah, makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba adalah gudeg. Meskipun kamu bisa menjumpai berbagai makanan tersebut di daerah asalmu, tetapi soal rasa dan teksturnya tentu masih kalah dengan yang asli.

10. Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik yang ada di gadget ataupun smartphone milikmu. Misalnya dengan memakai ojek online ataupun untuk membayar makanan secara cashless.

Di zaman modern ini, teknologi akan membuat hidup kita semakin praktis. Apalagi jika liburan sendirian, tentu ini sangat berguna sekali, lho.

11. Cek Ulang Dokumen Penting

Jangan lupa untuk cek kembali sejumlah dokumen penting untuk dibawa saat liburan sendirian! Mulai dari KTP, paspor, tiket perjalanan, ataupun kartu kamar penginapan.

BACA JUGA:Super Worth It, Segini Harga Staycation di Sikembang Glamping Wonosobo

BACA JUGA:Viewnya Kece Abis, 3 Destinasi Wisata di Sekitar Sikembang Glamping, Sayang Untuk Dilewatkan

Rutin mengecek segala dokumen penting ini akan mengurangi kita dari keteledoran. Apalagi jika pergi seorang diri, tak ada yang mengingatkan selain diri sendiri, bukan?

12. Catat Nomor Darurat

Jangan sampai liburan sendirian kita membuat khawatir orang rumah, ya. Sebelum bepergian, penting sekali untuk mencatat nomor darurat yang bisa dihubungi dalam keadaan terdesak. Bisa pasangan, keluarga, sahabat ataupun teman.

Buatlah rincian nomor darurat yang mudah dijangkau di telepon kita pribadi. Sehingga, ini bisa mudah ditemukan untuk dihubungi sewaktu-waktu.

13. Patuhi Peraturan Setempat

Pastikan sebelum liburan kamu telah melakukan vaksinasi lengkap, seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Selain itu, kamu juga mesti mematuhi peraturan di tempat wisata, baik yang tertulis maupun tidak, ya!

Itulah beberapa tips solo traveling yang bisa kamu lakukan. Yuk, segera catat tips solo traveling di atas untuk persiapan liburan. Selamat liburan! (PEH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: