7 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet

7 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet

Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama--freepik.com

Alpukat memang termasuk makanan berlemak, namun lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, bahkan dapat membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih maksimal.

Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan asam folat, kalium dan vitamin E yang akan memberikan efek kenyang lebih lama dibandingkan makanan lainnya.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah alpukat tanpa dicampur dengan gula, susu, sirup, dan bahan tambahan manis lainnya.

4. Oatmeal

Makanan mengenyangkan selanjutnya adalah oatmeal. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini memang akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan tentunya tidak akan membuat berat badanmu bertambah.

Selain mampu mengolah gula lebih lambat sehingga menekan rasa lapar, oatmeal juga kaya akan serat yang mendukung proses metabolisme tubuh dengan baik.

Sarapan dengan semangkuk oatmeal pasti akan membuat harimu lebih berenergi dan menjaga nafsu makan agar tidak melonjak. Untuk menambah cita rasa pada oatmeal, Kamu bisa menambahkan susu rendah lemak, kacang almond, dan buah-buahan segar seperti stroberi.

5. Apel

Siapa bilang buah-buahan hanya makanan penutup dan tidak bisa memberikan rasa kenyang yang tahan lama? Buktinya, apel ternyata dapat mengenyangkan kamu, tanpa harus ditemani nasi. Hal ini dikarenakan apel mengandung pektin yang dapat memperlambat proses pencernaan dan memberikan efek kenyang.

Namun untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama, lebih baik mengonsumsi apel utuh, bukan dalam bentuk jus. Akan lebih baik lagi jika kamu memakan apel tanpa membuang kulitnya, untuk mendapatkan nutrisi yang lebih maksimal.

6. Kacang-kacangan

Kamu suka ngemil? Daripada ngemil makanan yang dapat membuat timbanganmu bergerak lebih jauh ke kanan, ngemillah kacang-kacangan yang baik untuk diet kamu. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, almond, kacang merah, dan kenari kaya akan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks, kacang-kacangan juga kaya akan lemak baik dan protein yang dapat menjadi sumber pengganti protein yang baik untuk Toppers yang tidak makan daging.

7. Popcorn

Popcorn, kamu pasti suka dengan camilan yang sering dijadikan teman nonton film ini. Nah ada kabar gembira untukmu, ternyata camilan jagung ini hanya mengandung 90 kalori, namun akan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: