Belajar dari Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah

Belajar dari Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah

Belajar Menjadi Manusia yang lebih Baik melalui Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah -jcomp - Freepik-

Dengan hartanya, Abdurrahman bin Auf telah menggelontorkan uang sebanyak 3.200.000 Dinar, atau sekitar Rp6 Triliun, ketika beliau wafat untuk kepentingan agama Islam. 

Beliau juga menyumbangkan hartanya kepada 100 orang yang ikut dalam Perang Badar dengan masing-masing orang mendapat 400 Dinar. 

BACA JUGA: Kisah Umar bin Khattab, Quraisy Bengis yang Tersentuh setelah Membaca Ayat Al-Quran

4. Kisah Uwais Al Qarni 

Uwais adalah seorang pemuda miskin yang tinggal dan besar di Yaman. Dirinya belum pernah bertemu dengan Nabi Muhammad SAW meskipun ada keinginan untuk menemui beliau di Madinah. 

Namun mengetahui kisah dari Uwais Al Qarni, Rasulullah SAW memuji ketaatan Uwais terhadap ibunya serta mengatakan bahwa Uwais merupakan orang yang terkenal di surga. 

Selama hidupnya, Uwais selalu merawat sang ibu yang sudah tua, sakit-sakitan dan buta. 

Tak pernah dia membantah, dan ketika sang ibu menginginkan untuk pergi haji, Uwais dengan tulus menggendong beliau menyeberangi ribuan kilometer gurun dari Yaman menuju baitullah. 

Rasulullah SAW sempat berpesan pada sahabat-sahabatnya untuk meminta doa serta istighfarnya jika menemui Uwais, karena permuda itu adalah penghuni langit dan doanya sangat makbul. 

BACA JUGA: Kisah Uwais Al Qarni, Sang Penghuni Langit yang Berbakti Kepada Ibunya

Kita bisa mencari inspirasi dari kisah sahabat Nabi yang menginspirasi dengan cerita serta watak dari sahabat-sahabat Nabi. Dari situ, kita akan belajar untuk memperkuat iman, keteguhan dan kebaikan dalam diri sendiri. 

Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang kehidupan mereka, kita dapat menemukan panduan berharga dalam meniti perjalanan spiritual dan kemanusiaan kita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: