8 Makanan untuk Nyeri Sendi dan Cegah Osteoporois yang Efektif dan Mudah Dikonsumsi Sehari-hari

8 Makanan untuk Nyeri Sendi dan Cegah Osteoporois yang Efektif dan Mudah Dikonsumsi Sehari-hari

makanan pereda nyeri sendi --freepik.com/jcomp

Mengonsumsi kenari, almond, biji rami, biji chia, atau kacang pinus setiap hari dapat mengurangi peradangan pada sendi dan jaringan ikat.

3. Buah-buahan berwarna-warni

Buah-buahan kadang mendapat reputasi buruk karena kandungan gulanya yang tinggi, tetapi banyak di antaranya merupakan antioksidan yang baik.

Sama seperti sayuran, buah-buahan tertentu lebih efektif daripada yang lain dalam mengurangi peradangan dalam tubuh.

Blueberry, yang kaya akan antosianin atau salah satu flavonoid yang paling kuat, dapat membantu mematikan respons peradangan dalam tubuh.

Apel adalah buah lain yang mengandung serat dan sifat anti-inflamasi, dan memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan usus.

Nanas juga masuk dalam daftar karena kandungan bromelainnya, nutrisi yang terbukti mampu mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoartritis dan artritis reumatoid.

Sebagian besar bromelain ditemukan pada batang dan inti nanas, jadi haluskan inti nanas ke dalam smoothie untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

BACA JUGA:Selain Susu, Inilah 10 Makanan Sumber Kalsium untuk Menguatkan Tulang dan Cegah Osteoporosis

4. Minyak zaitun

Makanan pereda nyeri sendi yang selanjutnya adalah minyak zaitun. Buang minyak sayur dan minyak kacang yang semuanya dapat meningkatkan peradangan. Sebagai gantinya, ambillah beberapa sendok makan minyak zaitun untuk dimasak dan dibuat saus salad.

Lebih baik lagi, pilihlah jenis extra virgin yang tidak banyak diproses. Yang sering dikaitkan dengan diet dengan minyak zaitun adalah lemak "sehat" tak jenuh.

5. Lentil dan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan lentil dikenal dengan manfaat kesehatannya. Keduanya merupakan protein, serat, dan mineral penting yang sangat baik.

Kacang-kacangan juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi karena kacang hitam, lentil, buncis, kacang pinto, dan kedelai merupakan sumber antosianin flavonoid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: