Efektif Turunkan Kolesterol, Inilah Manfaat dan Cara Mengonsumsi Lemon untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Efektif Turunkan Kolesterol, Inilah Manfaat dan Cara Mengonsumsi Lemon untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cara Mengonsumsi Lemon untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi--freepik.com/azerbaijan_stockers

Menurut University of Michigan Health System, asupan vitamin C yang tinggi tidak hanya membantu mencegah pemecahan kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tetapi juga dapat menurunkan kolesterol total secara keseluruhan.

1 cangkir jus lemon segar mengandung 94 miligram nutrisi dan 1 cangkir jus lemon mentah mengandung 112 miligram.

Sumber Serat Larut

National Institutes of Health merekomendasikan orang dengan kolesterol LDL tinggi untuk mengonsumsi 10-25 gram serat larut setiap hari untuk menurunkan kolesterol total. Serat larut menyerap air dalam saluran pencernaan dan membentuk massa yang kental.

Asam empedu yang mengandung kolesterol dapat terperangkap dalam massa ini dan dihilangkan dari tubuh alih-alih diserap kembali, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah. Lemon adalah sumber serat larut yang baik. 

Kaya akan Flavonoid

Buah dan jusnya bukan satu-satunya bagian dari lemon yang mampu menurunkan kolesterol.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2002 di European Journal of Nutrition, kulit lemon efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah dan hati hamster dengan kolesterol tinggi.

Hal ini mungkin berkat kandungan flavonoid yang terdapat pada kulit lemon dan buah jeruk lainnya seperti jeruk dan jeruk keprok. 

Buah jeruk sangat kaya akan flavonoid yang dikenal sebagai flavon polimetoksilasi, yang merupakan antioksidan yang memiliki efek kuat pada kadar kolesterol dan hanya terjadi pada konsentrasi tinggi yang ada di kulitnya.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk melihat apakah efeknya sama seperti pada hewan. 

BACA JUGA:Dijamin Ampuh, Inilah 8 Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat dan Mudah

Cara mengonsumsi lemon

Kamu dapat mengonsumsi air lemon sebelum mengonsumsi apapun di pagi hari atau kamu dapat mengonsumsinya kapan saja di siang hari tergantung seleramu. 

Jangan ragu untuk menambahkan satu sendok madu, daun mint atau jahe segar. Hal ini meningkatkan rasa dan manfaat kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: