Inilah 11 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol yang Dapat Dicoba, Ampuh Turunkan Kolesterol

Inilah 11 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol yang Dapat Dicoba, Ampuh Turunkan Kolesterol

Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol --freepik.com/freepik

3.  Sayuran berdaun gelap

Sebuah penelitian berjudul Steam cooking significantly improves in vitro bile acid binding of collard greens, kale, sawi, brokoli, paprika hijau, dan kubis, yang diterbitkan dalam Nutrition Research menemukan bahwa sayuran berdaun gelap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Jenis sayuran ini bekerja dengan metode mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Beberapa jenisnya antara lain sawi, kangkung, sawi putih, brokoli, paprika hijau, dan kubis.

4.  Seledri

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol selanjutnya adalah seledri. Sayuran seledri mengandung antioksidan yang tinggi dan dikenal sebagai tanaman yang dapat mencegah oksidasi LDL.

Seledri dapat dimakan dalam bentuk sup, atau tumisan, atau dalam bentuk jus.

5.  Buncis

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol berikutnya adalah buncis. Buncis memiliki kandungan serat larut dan tidak larut di dalamnya.

Untuk menurunkan kadar kolesterolmu, kamu bisa mengonsumsi 2-10 gram serat larut per hari.

6.  Kacang kedelai

Kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, dan nugget merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Di dalamnya terkandung isoflavon yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat.

7.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, kenari, atau sayuran seperti kacang panjang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Studi Nut consumption and blood lipid levels: a pooled analysis of 25 intervensi trials, yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, menemukan bahwa mengonsumsi 2-3 porsi kacang-kacangan per hari dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 10,2 miligram per desiliter (mg/dl).

8.  Terong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: