Inilah 4 Amalan Sedekah Rezeki Paling Utama Menurut Hadist, Apakah Kalian Pernah Mencobanya?

Inilah 4 Amalan Sedekah Rezeki Paling Utama Menurut Hadist, Apakah Kalian Pernah Mencobanya?

amalan sedekah rezeki paling utama menurut hadist-youtube-ShahihFiqih

Adapun menurut hadist, diriwayatkan dari Abu dan Ibnu Majah yang mempunyai arti sebagai berikut:

Artinya: “Sedekah paling utama adalah sedekah secara rahasia kepada seorang fakir dan kerja keras seorang yang miskin." (HR Abu Dawud & Ibnu Majah).

2. Bersedekah dalam Keadaan Sehat

Selain bersedekah secara rahasia, ada pula amalan sedekah rezeki paling utama menurut hadist yaitu bersedekah dalam keadaan sehat. 

BACA JUGA:Cek Fakta: Capung Masuk Rumah jadi Pertanda Sial atau Malah Ketimpa Rezeki Melimpah?

“Hendaknya kalian bersedekah, sementara kalian dalam keadaan sehat dan tamak, yakni engkau sedang menginginkan mencintai kehidupan dan mengkhawatirkan kemiskinan. Dan janganlah kalian menunda sedekah itu hingga saat ruh telah sampai di tenggorokan, lalu kalian baru mengatakan, Untuk fulan sekian aku berikan dari hartaku dan untuk fulan sekian. Ketahuilah, harta itu telah menjadi milik fulan." (HR Muslim).

3. Bersedekah kepada Orang yang Memusuhi Kita

Tak perlu khawatir, di dunia ini pasti setiap orang tidak ada yang menyukai kalian. Walaupun orang tersebut tidak menyukai atau memusuhi kalian, tidak ada salahnya kalian bersedekah kepada orang tersebut yang jauh lebih membutuhkan.

Artinya: “Ketika ditanya tentang seutama-utama sedekah, Rasulullah bersabda: "Kepada seorang kerabat yang memusuhinya." (H.R Ahmad).

BACA JUGA:Ini Dia, 4 Sedekah Maraton yang Bikin Kamu Cepat Kaya, Rezeki Lancar dan Hidup Bahagia

BACA JUGA:Rutinkan Saja Selama 7 Hari, Dzikir Asmaul Husna Bikin Rezeki Lancar Hingga jadi Jutawan

4. Bersedekah Lisan

Untuk yang terakhir, amalan sedekah rezeki paling utama menurut hadist yaitu bersedekah dengan lisan. Berikut bunyi arti hadistnya.

Artinya: "Sesungguhnya sedekah paling utama adalah sedekah lisan, yang mencegah pertumpahan darah, menolak malapetaka, dan mendatangkan manfaat bagi saudara muslimmu."

Itulah ulasan tentang amalan sedekah rezeki paling utama menurut hadist. Semoga bermanfaat dan kalian dapat memulai bersedekah dari hal-hal terkecil terlebih dahulu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: