Efektif Turunkan Kolesterol, Inilah Minuman Pagi Hari yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Efektif Turunkan Kolesterol, Inilah Minuman Pagi Hari yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

minuman pagi hari yang dapat menurunkan kolesterol secara alami --Youtube.com/Info Unik

3. Minuman kakao

Menurut para ahli, mengonsumsi minuman yang mengandung flavanol dapat menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya sekaligus meningkatkan kolesterol HDL yang baik.

Menurut Medical News Today, asam lemak tak jenuh tunggal dalam kakao mampu membantu menurunkan kolesterol.

4. Jus tomat

Tomat mengandung banyak likopen, yang mampu mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan kadar lipid.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa membuat jus tomat mampu meningkatkan kandungan likopennya. Selain itu, jus tomat mengandung nutrisi penurun kolesterol niasin dan serat.

5. Susu kedelai

Kedelai rendah lemak jenuh. Mengganti produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau krimer dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, lebih baik juga mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan diproses secara minimal dengan tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.

6. Minuman gandum

Gandum mengandung beta-glukan, yang menciptakan zat seperti gel di dalam usus yang berinteraksi dengan garam empedu. Semua itu mampu menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol.

Sebuah tinjauan tahun 2018 menemukan bahwa minuman oat, seperti susu oat, mampu menawarkan pengurangan kolesterol yang konsisten daripada produk oat semi-padat atau padat lainnya. Segelas susu oat berukuran 250 ml mampu memberikan 1 gram beta-glukan.

7. Susu nabati

Jika suka minum susu, berhati-hatilah untuk melakukan beberapa perubahan pola makan yang mudah ketika kamu tahu kolesterolmu tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: