Inilah 5 Efek Samping Sering Mengonsumsi Santan bagi Pemilik Kolesterol Tinggi

Inilah 5 Efek Samping Sering Mengonsumsi Santan bagi Pemilik Kolesterol Tinggi

Efek Samping Sering Mengonsumsi Santan --freepik.com/stockking

Manfaat Santan Kelapa

Meskipun memiliki efek samping, mengkonsumsi santan dalam batas yang wajar dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Karena santan mengandung protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B dan vitamin D. Sehingga santan juga populer di dunia kuliner dan kesehatan.

Kandungan yang terdapat dalam santan memiliki senyawa antioksidan. Kandungan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh terhindar dari paparan radikal bebas dan terhindar dari infeksi akibat virus.

Bahkan menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi santan juga dapat membantu meningkatkan sistem kinerja otak. Karena kandungan yang ada di dalam santan ini memiliki peran untuk melancarkan sistem kerja otak dan daya ingat.

BACA JUGA:Inilah 7 Resep Minuman Hangat untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Batas Aman Mengkonsumsi Santan Kelapa

Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti untuk mengetahui batas aman mengkonsumsi santan.

Namun bagi orang yang memiliki kondisi khusus, seperti memiliki kolesterol tinggi, riwayat penyakit jantung atau asam lambung, ada baiknya untuk menghindari konsumsi santan. Agar tidak terjadi efek samping ditubuh.

Pada santan murni maupun olahan, memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol akan sangat berbahaya dan menyebabkan serangan jantung. Untuk mencegah efek samping santan, kamu dapat mengkonsumsi santan sekitar 60 gram per hari.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 11 Makanan Penyebab Kolesterol yang Harus Kamu Hindari

Kamu dapat memperkirakan batas konsumsi santan dengan menghitung defisit kalori harianmu. Kemudian cobalah untuk mengonsumsi kurang dari 7 persen dari total kalori harian.

Mengonsumsi santan dengan batas yang wajar dapat membuatmu mendapatkan manfaat santan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: