Mencegah Longsor, Kodim 0710 Pekalongan Adakan Penghijauan di Hutan Kandangserang

Mencegah Longsor, Kodim 0710 Pekalongan Adakan Penghijauan di Hutan Kandangserang

Dalam rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2023, Kodim 0710 Pekalongan melakukan penghijauan di kawasan Hutan Kandangserang.-Hadi Waluyo-

KAJEN – Guna mencegah longsor, Kodim 0710 Pekalongan melakukan penghijauan di hutan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Kamis, 14 Desember 2023.

Sebanyak 450 bibit pohon berbagai jenis ditanam oleh TNI dari Kodim 0710 Pekalongan bersama instansi terkait dan masyarakat di lahan Perhutani di petak 8 Desa Tajur, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan penghijauan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2023. Penghijauan ini melibatkan personel dari TNI, Polri, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Jateng, Perhutani, Forkompincam Kandangserang, dan masyarakat. Jumlahnya kurang lebih 100 orang.

Dandim Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, menyampaikan, dalam rangka Hari Juang TNI AD ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0710 Pekalongan. Diantaranya melaksanakan penghijauan di wilayah pegunungan Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:Abrasi Hingga 150 Meter, Pemkab Batang Gencarkan Penghijauan Tepi Pantai

Baca lagi:Polres Pekalongan Bareng Komunitas Terabas Lakukan Penghijauan di Sadang

“Ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan dalam rangka Hari Juang TNI AD tahun 2023 ini diantaranya ziarah, bakti sosial, donor darah, penghijauan dan pembersihan pasar yang dilaksanakan secara tersebar di wilayah Kodim 0710 Pekalongan,” jelas Dandim Pekalongan.

Sementara itu, Camat Kandangserang Sutanto Hadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0710 Pekalongan yang telah melakukan penghijauan atau penanaman pohon di Kecamatan Kandangserang. Sehingga kedepan nantinya dapat bermanfaat bagi semuanya. 

Ia berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga alam sekitar, seperti dengan menanam pohon secara berlanjut sehingga kelestarian alam tetap terjaga.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kodim 0710 Pekalongan yang telah melaksanakan penghijauan di wilayah yang sudah tidak ada pohonnya, sehingga wilayah tersebut tetap hijau dan lestari,” kata dia.

Jenis bibit pohon yang ditanam di lokasi itu ialah bibit buah-buahan seperti mangga, alpukat, matoa, nangka dan durian serta pohon pinus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: